Surabaya (Antara Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo melantik Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pamekasan yang dijabat I Gusti Ngurah Indra Setiabudi dan kepala Bakorwil Jember R. Tjahjo Widodo.

"Selamat bertugas dan jalankan sesuai fungsi dan tugas kepala bakorwil sebagai perpanjangan tangan Gubernur di daerah," ujar Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, di kantor Gubernur Jatim di Surabaya, Senin.

Dengan dilantiknya dua kepala bakorwil baru maka di Jatim saat ini terdapat lima bakorwil, yakni tiga lainnya adalah Bakorwil Malang, Bakorwil Madiun, serta Bakorwil Bojonegoro.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut meminta kepala bakorwil mempelajari dan memahami peraturan perundang-undangan terkait pemerintahan, terutama UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

"Mulai hari ini dan dan seterusnya, minimal dua jam per hari baca peraturan perundang-undangan, terutama terkait pemerintahan," ucap mantan Sekdaprov Jatim tersebut.

Menurut dia, kepala bakorwil sekarang fungsinya berbeda karena berada di wilayah teritori plus, yang semula sangat mikro kini jadi general sehingga harus terus belajar dan koordinasi, terutama terkait peraturan daerah.

Selain itu, lanjut dia, diharapkan kepada kepala Bakorwil untuk meningkatkan koordinasinya dengan pejabat serta kepala organisasi perangkat daerah.

Tak itu saja, ia menjelaskan yang harus menjadi fokus kepala Bakorwil, yaitu di bidang pendidikan, bidang energi, bidang sosial, bidang kelautan dan bidang kehutanan.

Pada kesempatan sama, Gubernur juga melantik Ardo Sahak sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jatim menggantikan Priyo Darmawan yang memilih mengajar di badan diklat sebagai widyaiswara.

Sedangkan Ardo Sahak sebelumnya Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Provinsi Jatim digantikan Abdul Hamid. Selain itu Gubernur juga melantik Dr Alwi sebagai Staf Ahli Gubernur Jatim Bidang Hukum dan Politik.

Sementara itu, posisi Asyhar yang sebelumnya menjabat Kepala Bakorwil Pamekasan kini bergeser sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Pamekasan. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017