Malang, (Antara Jatim) - Bupati Malang Dr Rendra Kresna mengemukakan keuangan desa di wilayah itu pada tahun 2017 meningkat sekitar 16 persen dari Rp440 miliar pada tahun 2016 menjadi Rp510 miliar.
     
"Meningkatnya keuangan (dana ) desa tersebut bersumber dari pendapatan dana desa, alokasi dana desa, bagi hasil pajak daerah dan retribusi daerah," kata Rendra Kresna di Malang, Jawa Timur, Minggu.
     
Rendra emnerangkan pendapatan dana desa meningkat sekitar 27,4 persen. Pada tahun 2016, hanya sebesar Rp245 miliar dan tahun ini meningkat menjadi Rp312 miliar.

Selanjutnya, alokasi dana desa tahun lalu sebesar Rp183 miliar dan tahun ini menjadi Rp184 miliar atau meningkat sekitar 0,8 persen.
     
Selain itu, pendapatan bagi hasil pajak daerah tahun 2016 sebesar Rp9,4 miliar dan tahun 2017 menjadi Rp10,3 miliar atau ada peningkatan sekitar 9,37 persen. Sedangkan, pendapatan bagi hasil retribusi daerah tahun lalu sebesar Rp2,4 miliar dan tahun ini menjadi Rp2,6 miliar atau meningkat 10,3 persen.
     
Dari sumber pendapatan tersebut, kata Rendra, jumlah keseluruhan keuangan desa di Kabupaten Malang pada tahun 2016 sebesar Rp440 miliar dan tahun 2017 sebesar Rp510 miliar atau ada peningkatan 16 persen.
     
Dalam peneglolaan keuangan di tingkat desa, ujar Rendra, setiap desa berhak dan wajib mendapatkan uang serta barang dalam melaksanakan pembangunan dan perencanaan kegiatan desa. "Kami ingin keuangan desa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan pembangunan di masing-masing desa," urainya.

Rendra mengatakan sesuai Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 pasal 115 tentang desa, Pemerintah Kabupaten Malang wajib mengetahui, mengawasi dan melakukan evaluasi bagaimana penyusunan peraturan desa, serta melaksanakan fasilitasi penyelenggaraan dan pembiayaan pemerintah desa.
     
"Meski bersumber dari empat item pendapatan itu, dana atau keuangan desa ini mekanisme pencairannya tetap bersumber dari APBN yang ditransfer ke APBD Kabupaten Malang dan diteruskan ke masing-masing desa. Alhamdulillah  semua bisa didistribusikan secara merata dan tepat sasaran," kata politisi Partai Nasdem tersebut.
     
Kabupaten Malang memiliki 378 desa yang tersebar di 33 kecamatan. Daerah yang berbatasan dengan Kabuapten Malang adalah Kediri, Blitar, Lumajang, dan Pasuruan.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017