Bondowoso (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur pada tahun ini (2017) akan membangun sarana dan prasarana di objek wisata Air Terjun Tanjak Kembar sebagai pengembangan lokasi wisata di Kota Tapai itu.

"Pada Tahun Anggaran 2017 kami sudah mengajukan atau menganggarkan untuk perbaikan akses jalan menuju wisata Air Terjun Tancak Kembar di Desa Andungsari, Kecamatan Pakem," ujar Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparpora) Pemkab Bondowoso, Adi Sunaryadi di Bondowoso, Minggu.

Ia mengemukakan, selain memperbaiki infrastruktur jalan ke objek wisata yang berada di Lereng Gunung Argopuro, itu juga akan dibangunan sarana dan prasarana seperti pembuatan lahan parkir, "toilet", serta tempat istirahat di sekitar wisata air terjun kembar tersebut.

Pembangunan sarana dan prasarana serta perbaikan jalan itu, katanya, dilakukan guna memudahkan para pengujung wisata alam dan air itu, yang berjarak sekitar 25 km dari Kota Bondowoso dan berada di ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut (mdpl).

"Kawasan wisata air terjun Tanjak Kembar pada tahun ini memang masuk dalam pengembangan wisata, sehingga perlu ada perbaikan infrastruktur jalan dan tahap pertama melakukan pengerasan jalan," katanya.

Ia menambahkan, destinasi wisata alam dan air ini adalah dua aliran air terjun kembar dan keduanya berjarak sekitar 20 meter serta kedua air terjun tersebut juga memiliki ketinggian yang sama sehingga tak heran objek wisata Tanjak Kembar sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan lokal dan luar daerah.

"Perbaikan infrastruktur jalan dan pembangunan sarana prasarana disana diperkirakan akan mulai dibanguna pada pertengahan tahun 2017," paparnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017