Jember (Antarajatim) - Kapolri Jenderal Polisi M. Tito Karnavian memberangkatkan peserta Napak Tilas mahasiswa Sekolah Ilmu Tinggi Kepolisian (STIK) - Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Angkatan 74 Tahun 2017 di Lapangan Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin.

"Di dalam menghadapi tantangan dalam tugas kepolisian, maka dibutuhkan komitmen soliditas internal yang harus terus dibina dengan semangat jiwa patriotisme dan pengabdian kepada masyarakat, serta senantiasa memupuk diri dengan ilmu pengetahuan," kata Kapolri dalam sambutannya saat memimpin aepal pemberangkatan peserta Napak Tilas mahasiswa STIK-PTIK di lapangan Kecamatan Sukorambi.

Apel yang dipimpin Kapolri tersebut melibatkan sebanyak 127 mahasiswa STIK-PTIK Angkatan 74, 1 Kompi Pusdik Brimob dan 1 Kompi Brimob Malang yang juga dihadiri oleh sejumlah perwira tinggi Polri dan pejabat utama Polda Jatim.

Dalam arahannya, Kapolri menyampaikan bahwa kegiatan Napak Tilas di Jember untuk memacu Semangat kejuangan dan nilai- nilai jiwa patriotisme dalam menumbuhkan kecintaan terhadap NKRI dan institusi Polri.

"Mereka melakukan Napak Tilas di Jember karena di sini merupakan tempat perjuangan Brimob, sehingga para perwira yang sekolah itu bisa merasakan perjuangan para seniornya dan pendiri Brimob dalam menghadapi penjajah, sehingga nilai-nilai perjuangan itu bisa diterapkan bukan menghadapi penjajah, namun menjaga keamanan dan ketertiban di negeri ini," katanya.

Tito menjelaskan selama satu bulan mahasiswa PTIK itu menjalani pendidikan di Pusat Pendidikan Brimob Mabes Polri di Watukosek-Pasuruan untuk memperkuat kedisplinan mereka dan memahami fungsi Brimob.

"Brimob menjadi sangat penting karena kita memiliki medan gunung, laut, dan hutan, sehingga dengan kegiatan ini maka diharapkan mahasiswa PTIK memiliki nilai patriotisme yang tinggi, cinta tanah air, berbakti kepada masyarakat, dan memahami teknik taktik Brimob," tuturnya.

Ketika menjadi pemimpin nanti, lanjut dia, mahasiswa PTIK tersebut bisa mengendalikan Brimob dengan segala kemampuannya.

Peserta Napak Tilas mahasiswa STIK-PTIK tersebut berjalan dari Kantor Kecamatan Sukorambi menuju ke Tugu Palagan Perjuangan Brimob di Kelurahan Jimerto, Kecamatan Patrang.

Di sela-sela kegiatan itu, Kapolri juga menyerahkan secara simbolis bingkisan kepada tiga Yayasan dan Perwakilan Anak Yatim Piatu, kemudian dilanjutkan dengan menyaksikan penampilan soliditas TNI – Polri dengan semangat Yel – Yel Promoter (30 personel Gabungan Yon Armed & Sat Sabhara Polres Jember).

Kapolri Jenderal Polisi M. Tito Karnavian bersama rombongan tiba di Bandara Notohadinegoro Jember disambut oleh 3 Pati Polri (Lemdiklat Polri) , Iswasda Polda Jatim, Kabid Dokkes Polda Jatim, Forkopimda Jember, Kapolres Eks Keresidenan Besuki plus Kapolres Probolinggo dan Kapolres Lumajang.

Turut mendampingi Kapolri beberapa Pati Polri di antaranya Kalemdiklat Komjen Pol Drs. Moechgiyarto,  As SDM Irjen Pol Drs. Arief Sulistyanto, Aslog Irjen Pol Drs. Eko Hadi Sutedjo, Dankor Brimob Irjen Pol Drs. Murad Ismail, Kakorlantas Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, dan Ketua STIK Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto.
Video oleh : Hamka

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017