Magetan (AntaraJatim) - Sebanyak dua sekolah tingkat SMA sederajat di Kabupaten Magetan, Jawa Timur dipastikan tidak dapat menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK) secara mandiri, namun akan dilaksanakan secara gabungan dengan sekolah penyelenggara.

"Dua sekolah tersebut adalah SMA Panca Bakti Magetan dan SMK BPN 2 Magetan. Mereka akan menyelenggarakan UNBK yang digabung dengan salah satu sekolah penyelenggara UNBK tahun 2017," ujar salah satu panitia sekolah penyelenggara UNBK 2017, Aris Waluyo kepada wartawan, Jumat.

Menurut dia, tidak dapatnya dua sekolah tersebut menggelar UNBK secara mandiri bagi para muridnya karena terkendala dengan peralatan komputer yang terbatas. 

"Sehingga untuk kelancaran pelaksanaan UNBK bagi para siswa di dua sekolah tersebut digabung dengan sekolah penyelenggara yang lebih lengkap dan memadai untuk menggelar UNBK," ucap pria yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala SMA Negeri 2 Magetan, ini.

Data Dinas Pendidikan Magetan mencatat, total sekolah penyelenggara UNBK tingkat SMA, baik negeri maupun swasta di wilayah setempat mencapai 12 lembaga. 

Sedangkan untuk sekolah penyelenggara UNBK tingkat SMK, baik negeri maupun swasta di Magetan mencapai sebanyak 33 penyelenggara. 

Aris menambahkan, untuk persiapan pelaksanaan UNBK, pihaknya telah menggelar simulasi UNBK bagi para siswa di sejumlah sekolah penyelenggara, ternasuk di antaranya di SMA Negeri 2 Magetan. 

"Simulasi UNBK dilakukan selama empat hari. Masing-masing sekolah SMA dan SMK mendapat jatah simulasi dua hari untuk latihan kelancara UNBK," tuturnya.

Selain simulasi UNBK, pihaknya juga melakukan bimbingan belajar tambahan bagi para siswa yang akan mengikuti ujian nasioal.

Sesuai rencana, jadwal UNBK tahun 2017 untuk sekolah tingkat SMA dan SMK sederajat akan digelar ada bulan April mendatang. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017