Sidoarjo (Antara Jatim) - Sebanyak 20 taruna Akademi Angkatan Laut Korps Marinir Angkatan 62 melakukan praktik pasukan di Brigif-1 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur.

Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir I Made Sukada menerima 20 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Korps Marinir Angkatan 62 di Ruang Rapat Brigif-1 Marinir Gedangan, Sidoarjo, Senin.

"Sebagai calon komandan peleton, para taruna harus bisa memberikan contoh yang baik kepada anggotanya," kata Komandan Brigif-1 Marinir.

Selain itu, kata dia, mereka juga harus selalu menjaga hubungan kekeluargaan dengan anggota. Apabila ada anggota yang mempunyai masalah, mereka akan terbuka sehingga dapat memecahkan masalah bersama-sama.

"Gali sebanyak-banyaknya pengetahuan selama kalian melaksanakan praktik pasukan, jangan malu bertanya kepada anggota apabila tidak tahu, sehingga dapat dijadikan bekal untuk melaksanakan tugas di satuan natinya," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Brigif-1 Marinir itu berpesan kepada para perwira yang ditunjuk sebagai pembimbing para taruna agar memberikan pembinaan sesuai dengan aturan yang ada.

"Sehingga selepas dari Brigif-1 Marinir para taruna mendapat ilmu dan wawasan sebagai bekal untuk diaplikasikan di satuan. Selain itu juga selalu menjaga keamanan selama para Taruna melaksanakan praktik pasukan di Brigif-1 Marinir," katanya dalam keterangan pers.

Sementara Pasops Brigif-1 Marinir Letkol Mar Bakti Dasasasi Penanggungan mengatakan praktik pasukan bagi Taruna AAL Korps Marinir Angkatan 62 akan berlangsung selama dua minggu, yaitu di Yonif-1 Mar, Yonif-3 Mar dan Yonif-5 Mar. 

Kegiatan diawali dengan perkenalan pejabat di lingkungan Brigif-1 Marinir, dilanjutkan dengan penjelasan tentang Brigif-1 Marinir mulai dari sejarah terbentuknya, tugas pokok, jumlah personel, penugasan dan satuan pelaksana di bawah Brigif-1 Marinir.

Turut hadir dalam kesempatan itu Wadan Brigif-1 Mar Letkol Mar Dede Harsana, Pasintel Letkol Mar M. Amin, Pasops Brigif-1 Marinir Letkol Mar Bakti Dasasasi Penanggungan, Paspers Letkol Mar A. Yudinanto, Paslog Letkol Mar Yudi Asmar, Danyonif-1 Mar Letkol Mar Argo Setiyono dan Kamalat Depmar AAL Letkol Mar Ali Sumbogo tersebut juga dihadiri Perwira di jajaran Brigif-1 Marinir.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017