Pamekasan (Antara Jatim) - Kodim 0826 Pamekasan, Jawa Timur membantu Palang Merah Indonesia (PMI) guna mengurangi ketersediaan darah yang kini mulai menipis dengan menggelar aksi donor darah di Makodim setempat, Senin.

 "Ada 77 personel TNI yang ikut kegiatan bhakti sosial donor darah yang digelar di Makodim Pamekasan hari ini," kata Pasi Intel Kodim 0826 Pamekasan Kapten Darminto, Senin siang.
 
Selain merupakan kegiatan rutin, bhakti sosial oleh prajurit TNI di Makodim Pamekasan itu juga dalam rangka membantu ketersediaan darah di UTD PMI Pamekasan.

 Sebab, di Pamekasan kebutuhan darah setiap tahunnya selalu kurang, yakni hanya 6.000 kantong dalam setahun, sedangkan kebutuhannya diperkirakan mencapai 7.000 kantong.

 "Jadi bhakti sosial donor darah ini guna membantu mengurangi kebutuhan darah, selain memang merupakan kegiatan rutin sebagai bakti pengabdian TNI kepada masyarakat," katanya, menjelaskan.

 Aksi sosial donor darah di Makodim Pamekasan ini diawali dari Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto, lalu Kasdim dan dilanjutkan oleh para staf, para Danramil dari 13 kecamatan dan para anggota.

"Kegiatan ini kami gelar secara rutin 3 bulan sekali," terang Darminto.

 Selain sebagai bentuk bhakti sosial kepada masyarakat yang membutuhkan darah, kegiatan ini juga digelar rutin karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
 
Antara lain untuk mengembalikan fungsi ginjal agar kembali normal, melengkapi kembali eritrosit trombosit dan lekosit pada darah, sekaligus untuk terapi stroke atau mencegah stroke.
 
 Manfaat lainnya memperbaruhi produksi darah baru dan meningkatkan  produksi HB (hemoglobin), serta untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

 "Tentunya dengan manfaat ini, donor darah secara rutin juga dalam rangka meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh," kata Ketua PMI Pamekasan Bambang Edy Suprapto.
 
Bambang menjelaskan, TNI merupakan salah satu institusi yang selama ini banyak menyumbangkan darah kepada PMI dalam memenuhi kebutuhan darah masyarakat.
 
Selain TNI kelompok masyarakat di Pamekasan yang juga rutin menggelar donor darah ialah klub sepak bola Madura United FC, yakni Taretan Dhibik dan PMI Pamekasan telah bekerja sama dengan komunitas ini.(*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017