Sumenep (Antara Jatim) - Otoritas Bandara Trunojoyo menyatakan jadwal penerbangan perintis di jalur Sumenep-Surabaya pada tahun ini sebanyak dua kali dalam sepekan, yakni pada Selasa dan Kamis.

"Proses lelang penerbangan perintis 2017 di jalur yang berpangkalan di Bandara Trunojoyo telah selesai. Pesawat milik operator akan melayani penerbangan perintis di jalur Sumenep-Surabaya sebanyak dua kali dalam sepekan," ujar Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo, Wahyu Siswoyo di Sumenep, Jawa Timur, Senin.

Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo adalah instansi kepanjangan tangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang berada di Sumenep.

Penerbangan perintis adalah penerbangan yang disubsidi oleh Negara dan merupakan salah satu program Kemenhub.

Operator penerbangan perintis di jalur yang berpangkalan di Bandara Trunojoyo pada tahun ini adalah PT Airfast Indonesia.

Selain Sumenep-Surabaya dan sebaliknya, jalur penerbangan perintis yang berpangkalan di Bandara Trunojoyo adalah Surabaya-Bawean (Jawa Timur) dan Surabaya-Karimunjawa (Jawa Tengah).

"Kalau tidak ada kendala teknis di lapangan, operator akan mulai beroperasi untuk melayani penerbangan perintis yang berpangkalan di Bandara Trunojoyo pada Selasa (21/2)," kata Wahyu, menerangkan.

Ia menjelaskan, PT Airfast Indonesia akan mengoperasikan satu pesawat terbang jenis Twin Otter DHAC 300 guna melayani jalur penerbangan perintis.

Sesuai informasi dari Otoritas Bandara Trunojoyo, jadwal penerbangan perintis di jalur Sumenep-Surabaya (Bandara Juanda) sebanyak dua kali dalam sepekan, yakni pada Selasa dan Kamis pukul 08.00 WIB.

Sementara di jalur Surabaya-Sumenep pada Senin dan Rabu pukul 09.55 WIB.

Harga tiket di jalur Sumenep-Surabaya Rp252.700 per orang dan Surabaya-Sumenep Rp322.700 per orang. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017