Jember (Antarajatim) - Kunjungan wisatawan ke Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, menurun tajam akibat cuaca ekstrem yang terjadi beberapa pekan terakhir di wilayah setempat.

"Kunjungan wisatawan ke Pantai Papuma dipengaruhi dengan kondisi cuaca, sehingga sering turunnya hujan menyebabkan jumlah kunjungan wisatawan menurun," kata Pengelola Wana Wisata Pantai Papuma Sugiono di Jember, Minggu.

Kunjungan wisatawan ke Pantai Papuma pada libur akhir pekan biasanya mencapai 2.000 hingga 2.500 wisatawan per hari, sedangkan pada hari libur panjang bisa mencapai 3.000 hingga 4.000 wisatawan seperti momentum jelang Tahun Baru.

"Untuk beberapa pekan terakhir kunjungan wisatawan pada libur akhir pekan kurang dari 1.000 orang per hari karena sering turunnya hujan di kawasan objek wisata Pantai Papuma," katanya.

Seiring dengan cuaca ekstrem yang menyebabkan sejumlah titik di lokasi wisata tergenang air, maka pihak pengelola memperbaiki sejumlah fasilitas dan sarana yang rusak akibat hujan deras yang terus menerus mengguyur wilayah setempat.

"Saat pengunjung sepi seperti beberapa pekan terakhir, maka kami memperbaiki sejumlah sarana dan prasarana penunjang wisata, agar pengunjung tetap merasa nyaman saat berlibur di Pantai Papuma Jember," ujarnya.

Pantai Papuma merupakan salah satu primadona objek wisata di Kabupaten Jember yang memiliki sejumlah batu "malikan" yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian khas seperti musik bila terkena deburan ombak.

Sementara salah seorang wisatawan asal Surabaya Nurul mengaku enggan untuk berwisata di alam terbuka selama cuaca ekstrem karena tidak akan bisa menikmati liburan dengan nyaman.

"Biasanya kami berkunjung ke Pantai Papuma Jember saat libur panjang akhir pekan, namun saat kondisi cuaca sering turun hujan maka kami enggan ke objek wisata di alam terbuka," katanya.

Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Jember selama 2016 berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat tercatat sebanyak 1.998.297 wisatawan dengan rincian sebanyak 1.994.924 wisatawan domestik dan sebanyak 3.373 wisatawan mancanegara.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017