Surabaya (Antara Jatim) - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Timur melakukan anjangsana ke kediaman sejumlah wartawan senior untuk memperkuat silaturahim sekaligus rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017.

Sejumlah wartawan senior yang dikunjungi dikunjungi adalah Dahlan Iskan, Hadiaman Santoso, Amak Syarifuddin dan Sam Abede Pareno.

Pada kesempatan tersebut, Dahlan Iskan mengaku bangga dan gembira karena telah dikunjungi dan meminta para wartawan tetap menjaga nama baik pers.

Saat ditunjuk menjadi Direktur Utama PLN, kata dia, ia melapor ke tokoh pers Yacob Utama dan berjanji tetap akan menjaga nama baik serta tidak mencederai pers.

"Setelah jadi tersangka pun saya ke beliau dan berjanji akan mempertanggungjawabkannya. Pak Yacob bilang kalau saya tidak mencederai profesi wartawan," ujar Dahlan Iskan yang juga bos Jawa Pos itu.

Sedangkan, Hadiaman Santoso, mantan Pimred Harian Surya lebih banyak memberi dukungan kepada wartawan agar tetap menjalankan profesinya dengan baik.

Menurut dia, profesi wartawan itu harus tetap dijunjung tinggi agar bisa memberi pencerahan kepada masyarakat, termasuk menjadi tugas wartawan untuk memberi penjelasan terkait berita-berita bohong atau "hoax".

Berbeda lagi dengan Amak Syarifuddin, wartawan senior yang pernah menjadi ketua PWI Jatim pada 1974 dan mengaku sangat fanatik terhadap profesinya.

"Saya ini fanatik dengan PWI. Setiap saya mendengar kata PWI darah kewartawanan saya mengalir deras," kata pria 86 tahun yang sampai saat ini aktif menulis di sebuah koran mingguan sebagai kolumnis tersebut.

Kemudian, Sam Abede Pareno, wartawan senior yang kini menekuni dunia akademis menilai bahwa wartawan memang harus profesional dan untuk mencapainya perlu diuji secara bertahap sesuai tingkatannya.

Sementara itu, Ketua PWI Jatim Akhmad Munir mengapresiasi para wartawan senior yang merupakan guru dalam menjalankan profesi sehingga mampu menjaga nama baik pers.

"Sebagai bentuk kepedulian, kami juga memberikan piagam penghargaan. Mulai tahun ini, PWI memiliki agenda silaturahim ke para senior yang dulu pernah bejuang di bidang pers," kata Kepala LKBN Antara Biro Jatim tersebut. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017