Sidoarjo (Antara Jatim) - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin membantu bahan kebutuhan pokok kepada korban bencana alam puting beliung yang ada di Desa Terung Kulon, Sidoarjo, Jawa Timur.

"Bantuan ini diberikan untuk meringankan beban korban puting beliung," katanya di Sidoarjo, Jumat.

Ia mengemukakan, saat ini pihaknya juga menyiagakan sebanyak 200 orang anggota untuk membantu proses perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat diterjang puting beliung ini.

"Secepatnya anggota melakukan perbaikan tersebut, karena kasihan kalau sedang musim hujan seperti ini, rumah mereka masih rusak," ucapnya.

Ia mengemukakan, selain anggota kepolisian, proses perbaikan ini sendiri juga dibantu oleh anggota yang lain seperti dari relawan, BPBD dan juga dari unsur TNI.

"Para anggota ini kami kerahkan supaya percepatan perbaikan rumah warga ini bisa segera diselesaikan dengan cepat," tuturnya.

Ia menjelaskan, selain menyiagakan anggota untuk membantu proses perbaikan rumah yang mengalami kerusakan, pihaknya juga memberikan bantuan bahan pokok.

"Sebanyak 600 paket kami berikan untuk membantu warga yang sedang mengalami musibah ini," katanya.

Sebelumnya, pada Rabu (15/2) sore sekitar pukul 16.00 WIB terjadi peristiwa musibah angin puting beliung di Desa Boharan dan Desa Terung Kulon, Krian Sidoarjo.

Akibat peristiwa ini sebanyak 449 rumah milik warga mengalami kerusakan atap akibat terbawa angin puting beliung. 

Dari pengakuan warga, M Khoiri, angin puting beliung berlangsung cukup yakni sekitar tiga menit dan meluluhlantakan atap bangunan milik warga.(*)
Video oleh : Indra S

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017