Surabaya (Antara Jatim) - PT Pertamina (Persero) mengajak mahasiswa  di Surabaya untuk menciptakan inovasi bisnis dan teknologi berbasis energi baru dan terbarukan melalui ajang "Pertamina Ide Gila Energi Competition 2017" di Kampus ITS Surabaya, Selasa.

Retail Fuel Marketing Region Manager V Pertamina Made Adi Putra mengatakan ajang ini sebagai wujud Pertamina mendukung penuh upaya pengembangan serta pemanfaatan energi baru dan terbarukan, termasuk menggalang partisipasi masyarakat dalam diversifikasi dan konservasi energi.

“Tidak ada yang tidak mungkin untuk pengembangan energi baru dan terbarukan yang aman dan bersih di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan potensi sumber daya alam yang barlimpah," kata Made.

Dia mengatakan biofuel, tenaga angin, air dan sinar matahari adalah contoh energi yang bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif karena keberadaannya sangat mudah ditemui di berbagai pelosok negeri ini.

"Partisipasi masyarakat adalah salah satu kunci untuk mengubah berbagai potensi yang akan menjadi kekuatan kita di masa depan," ujarnya.

Ketua Panitia "Pertamina lde Gila Energi Competition 2017" Waljiyanto menjelaskan, roadshow ini merupakan kesempatan besar untuk para calon peserta mendapatkan inforasi dan mencari inspirasi sebanyak-banyaknya yang dibutuhkan dalam mengikuti kompetisi Pertamina.

"Innovation corner yang dihadirkan di setiap venue roadshow merupakan salah satu bentuk apresiasi Pertamina terhadap inovator muda atas hasil karya energi baru dan tarbarukan mereka untuk Indonesia," kata dia.

Salah satu perwakilan dari dewan juri Yoris sebastian memberi banyak masukan bagaimana mengekspresikan ide kreatif yang berujung pada inovasi.

"Kompetisi ini akan memacu generasi milenial dalam mengekspresikan ide-ide kreatif dan inovatif mereka seputar energi baru. Di samping itu roadshow ini juga akan meningkatkan kepedulian mereka akan pentingnya energi alternatif," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan pentingnya kehadiran kompetisi ini mengingat masalah krisis energi di negara ini adalah masalah besar bangsa di masa depan. Untuk mengatasinya, segenap lapisan masyarakat harus berpatisipasi merumuskan ide-ide kreatif yang akan menjadi solusi permasalahan tersebut.

Kompetisi "Pertamina ide Gila Energy Competition 2017" ini sudah berjalan dari tanggal 15 Desember 2016 dan akan berakhir pada tanggal 5 Marat 2017. Setelah Surabaya, "Pertamina ide Gila Energy Competition 2017" juga akan hadir di Depok pada 21 Februari 2017. (*) 

Pewarta: willy irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017