Sumenep (Antara Jatim) - Sejumlah kapal penumpang di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Minggu mulai beroperasi setelah cuaca laut kondusif untuk aktivitas pelayaran.

"Ada tiga kapal penumpang yang bertolak dari Pelabuhan Kalianget ke tujuannya masing-masing pada Minggu pagi," kata petugas Bagian Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kalianget, Edy Sucipto di Sumenep.

Pada Minggu pagi sekitar pukul 07.10 WIB, Kapal Dharma Bahari Sumenep (DBS) 1 bertolak dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Kangean dengan mengangkut sekitar 240 penumpang.

Selanjutnya pada pukul 08.00 WIB, Kapal Dharma Kartika milik PT Dharma Lautan Utama bertolak dari Pelabuhan Kalianget ke Pulau Sapudi dengan mengangkut sekitar 70 penumpang.

Sementara pada pukul 09.00 WIB, Kapal Satya Kencana milik PT Dharma Lautan Utama beroperasi ke Jangkar, Situbondo, dengan mengangkut sekitar 40 penumpang.

Sebelumnya, pemberangkatan sejumlah kapal penumpang yang biasanya beroperasi di Perairan Sumenep dan berpangkalan di Pelabuhan Kalianget tertunda akibat kondisi cuaca laut dinyatakan buruk berupa ketinggian ombak di atas tiga meter.

"Alhamdulillah, kondisi cuaca laut mulai kondusif. Namun, kami meminta nakhoda kapal untuk tetap waspada dan tidak mengambil risiko ketika tiba-tiba ada perubahan kondisi cuaca laut yang ekstrem," kata Edy, menerangkan.

Sementara Kepala PT Dharma Dwipa Utama Cabang Kalianget, Moh Darmawan menjelaskan, pihaknya sempat tidak mengoperasikan dua kapalnya selama lima hari (7-11/2) akibat kondisi cuaca laut dinyatakan buruk.

"Pada Minggu ini, cuaca laut mulai kondusif. Kami pun langsung mengoperasikan dua kapal kami ke Pulau Sapudi dan Jangkar sebagaimana jadwal biasanya," ucapnya.

PT Dharma Dwipa Utama Cabang Kalianget adalah anak perusahaan pelayaran nasional PT Dharma Lautan Utama dan merupakan operator di lintasan Kalianget-Sapudi-Raas-Jangkar. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017