Sidoarjo (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, berencana menggelar operasi pasar dalam rangka untuk menstabilkan harga cabai yang saat ini cukup tinggi yakni mencapai Rp.130 ribu setiap satu kilogramnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Fenny Apridawati, Rabu mengatakan, pihaknya saat ini sudah mengirimkan surat kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur terkait dengan rencana operasi pasar tersebut.

"Surat sudah kami kirimkan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur supaya operasi pasar ini segera dilakukan," katanya saat dikonfirmasi di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, operasi pasar ini dilakukan mengingat di wilayah Malang dan Kediri sedang panen raya cabai dengan harga jual dari petani sebesar Rp.78 ribu sampai dengan Rp.80 ribu setiap kilogramnya.

"Oleh karena itu, dengan adanya operasi pasar ini diharapkan bisa menekan tingginya harga cabai yang terjadi saat ini. Karena dalam operasi pasar tersebut pemerintah memberikan bantuan berupa sarana transportasi dari petani kepada pembeli, sehingga harga cabai bisa ditekan," katanya.

Menurutnya, dalam usulan tersebut pihak nya meminta supaya operasi pasar ini dilaksanakan di seluruh titik pasar tradisional yang ada di Kabupaten Sidoarjo supaya bisa menjangkau seluruh masyarakat.

"Namun, kami tidak bisa menentukan karena yang menentukan lokasi adalah langsung dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Tetapi kami sudah meminta supaya Sidoarjo diprioritaskan mengingat pendudukan di Kabupaten Sidoarjo ini cukup banyak," katanya.

Sementara itu, harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Sidoarjo seperti di Pasar Larangan dan di Pasar Porong yang berkisar antara Rp.125 ribu sampai dengan Rp.130 ribu setiap kilogramnya. 

Salah seorang pedagang Pasar Porong Sidoarjo Astutik mengatakan, untuk menyiasati tingginya harga cabai ini pihaknya mencampur antara cabai yang berwarna hijau dengan cabai yang berwarna merah.

"Harga cabai saat ini sangat mahal, berjualan cabai agar tidak rugi kami campur antara cabai merah dan cabai hijau," ujarnya.

Ia mengatakan, bahwa untuk harga cabai kecil yang merah harga per kilogramnya seharga Rp.130 ribu, sementara untuk harga cabai kecil yang berwarna hijau Rp.70 ribu per kilogramnya.

"Kami berharap harga cabai ini bisa kembali normal supaya laju perekonomian yang ada di Sidoarjo ini bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala lagi," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017