Surabaya (Antara Jatim) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tidak menanggapi namanya digadang-gadang masuk bursa bakal calon Gubernur Jawa Timur pada Pilkada 2018.

"Tidak ada tanggapan, saya tidak kepingin kok (maju Pilgub). Ngurus Surabaya saja," kata Risma singkat saat ditanya wartawan usai melepas 52 pelajar setempat yang akan bertanding di Kejurnas Drumband di Lampung, Sumateras Selatan pada 4-8 Febuari, di Balai Kota Surabaya, Rabu.
     
Seperti diketahui, akhir 2016 lalu Risma digadang-gadang maju menjadi calon gubernur di Pilgub DKI Jakarta 2017. Namun, PDIP memutuskan memilih Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk maju di Pilkada Jakarta. Awal Januari, nama Risma kembali disebut-sebut sejumlah partai seperti PDIP, PAN dan Hanura yang akan ikut meramaikan bursa pencalonan Pilgub Jawa Timur 2018.
      
 Selain Risma yang digadang sebagai bakal Cagub Jatim, DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Timur sebelumnya telah menyiapkan dua nama bupati sebagai kandidat calon Wakil Gubernur.
     
 "Ada dua nama bupati yang disiapkan sebagai calon wakil gubernur," ujar Wakil Ketua PDIP Jatim Budi Sulistyono.
     
 Dua bupati tersebut adalah dirinya sendiri yang saat ini menjabat sebagai Bupati Ngawi dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Menurut dia, tidak cukupnya mengusung pasangan calon sendiri membuat partai berlambang banteng moncong putih tersebut berkoalisi dengan partai politik lainnya.
     
 Pada Pemilihan Umum Legislatif 2014, PDIP hanya meraih 19 kursi di DPRD Jatim sehingga diwajibkan menambah minimal satu kursi lagi agar dapat mengusung pasangan sendiri.
     
 Disinggung soal siapa pasangan calon gubernurnya, ia mengatakan bisa saja nantinya berasal dari eksternal dan internal partai. Dari eksternal di antaranya Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Sedangkan dari internal yakni Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. 

"Keputusan terakhir nanti ditangan DPP PDIP," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017