Bojonegoro (Antara Jatim) - Ketua Umum DPP Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) Rachmatullah menyatakan kontraktor yang menjadi anggota Askonas harus siap bersaing, tidak hanya dengan kontraktor dalam negeri, tetapi juga dengan kontraktor luar negeri.

"Kita nanti tidak hanya bersaing dengan kontraktor dari Indonesia, tetapi juga bersaing dengan kontraktor dari Australia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan dari negara lain," katanya di Bojonegoro, Rabu.

Dalam acara Musyawarah Cabang (Muscab) I Askonas Bojonegoro dan Rapat Kerja Daerah II Askonas Jatim di Bojonegoro, ia menjelaskan persaingan dengan kontraktor besar menjadi tantangan yang harus dihadapi.

"Sebagian besar proyek-proyek besar banyak dipegang oleh kontraktor besar," tandasnya.

Ketua Askonas Jatim, Supai M. Nur, menjelaskan globalisasi yang terjadi sekarang ini mendorong serbuan barang dari luar negeri dengan harga lebih murah dibandingkan dengan harga barang di dalam negeri.

"Tapi kita juga harus bisa lebih mencintai produk dalam negeri, bukan malah mencintai atau membeli produk luar negeri," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Asisten II Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro Setyo Yuliono meminta kontraktor yang berkonstribusi di daerahnya harus siap melaksanakan keterbukaan data kontrak untuk diumumkan kepada masyarakat.

Apalagi, menurut dia, daerahnya sekarang ini mewakili Indonesia dalam "Open Government Partnership" atau keterbukaan Pemerintahan tingkat dunia.

"Adanya keterbukaan dokumen data kontrak masyarakat bisa ikut mengawasi pelaksanaan pekerjaan," katanya.

Kepala Bakorwil Jatim, Edi Supaji menjelaskan bahwa bisnis kontraktor merupakan bisnis yang banyak memiliki persaingan.

Oleh karena itu, ia mengharapkan kontraktor di Jatim mampu menyediakan barang dan jasa yang berkualitas. "Kita juga fokus dalam pembinaan terhadap penyedia jasa kontraktor, dengan mengadakan pelatihan kepada kontraktor agar kinerjanya sesuai dengan standar," paparnya.

Kontraktor, lanjut dia, juga harus memiliki manajemen yang bagus dalam menjalin kerja sama dengan pelanggan jasa kontraktor.

Dalam acara itu dilakukan pembacaan deklarasi gerakan masyarakat peduli beli produk dalam negeri, sekaligus penandatanganan deklarasi oleh perwakilan pemkab, Askonas dan BRI. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017