Surabaya (Antara Jatim) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Jawa Timur (DPW PAN Jatim) akan memaksimalkan kader sendiri untuk calon yang akan diusung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim pada 2018.

Wakil Ketua DPW PAN Jatim Ali Mukti, dalam jumpa pers di Rumah PAN, Jl Darmokali, Sabtu, memastikan stok kader PAN Jatim sudah siap bertarung pada berbagai even Pilkada dibandingkan lima tahun yang lalu. 

"Kader-kader PAN saat ini sudah siap untuk maju Pilkada baik di kabupaten, kota maupun provinsi," ujarnya. 

Menurut dia, pelantikan pengurus DPW dan DPD PAN se- Jatim Periode 2015 – 2020 yang akan berlangsung di Surabaya, hari Minggu (22/1) mendatang, salah satunya juga untuk mengonsolidasikan kekuatan PAN dalam menyongsong Pilkada serentak di sejumlah daerah Jatim tahun 2018.

"Tentu Pilgub Jatim menjadi prioritas kami, selain pilkada di sejumlah kabupaten/ kota lainnya," ujarnya. 

Bendahara DPW PAN Jatim Agus Maimum bahkan menyebut sejumlah nama kader PAN yang sudah siap untuk diusung dalam pencalonan Pilgub Jatim.
"Kita punya H Masfuk, Ali Mukti, Kang Yoto, Kuswiyanto, dan Taufik Gani," ungkapnya. 

Menurut dia, mengusung kader sendiri dalam Pilgub maupun Pilkada serentak di berbagai kabupaten/ kota di Jawa Timur tahun 2018 adalah target maksimal.

"Target maksimal kita mengusung kader sendiri. Seandainya gak bisa, ini kan realita, maka barulah komunikasi politik dengan tokoh-tokoh lain pasti kita laksanakan," ucapnya. 

Itu artinya PAN masih terbuka untuk mengusung calon di luar kader sendiri jika situasi politik tidak memungkinkan. Penentuan nama calon yang akan diusung, menurut Agus, biasanya akan diputuskan melalui Rakerwil.

"Rakekrwil ini digelar rutin setiap tahun. Untuk nama calon Gubernur Jatim, bisa jadi ditentukan dalam Rakerwil tahun 2017 dalam waktu dekat. Bisa juga ditentukan pada Rakerwil PAN Jatim pada awal tahun 2018," imbuhnya. 

Pewarta: Hanif N

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017