Situbondo (Antara Jatim) - Sebuah pohon jati di Kawasan Objek Wisata Pasir Putih Situbondo, Jawa Timur, Senin sekitar pukul 06.00 WIB  tumbang setelah sebelumnya di wilayah setempat diguyur hujan lebat sejak Minggu (15/1) malam dan mengakibatkan arus lalu lintas di jalan raya pantura macet sekitar satu jam.

"Pohon jati berdiameter sekitar 30 centimeter yang tumbang itu terjadi di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan dan menutup jalan raya," kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalpops PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Situbondo, Puriyono di Situbondo, Senin.

Ia mengatakan, pohon tumbang terjadi tepat di kilometer 172 dari Surabaya atau kilometer 16 dari arah Situbondo. Kendati tidak menimbulkan korban jiwa peristiwa tumbangnya pohon jati itu menyebabkan arus lalu lintas dari arah Surabaya ke Banyuwangi dan sebaliknya sempat macet hingga satu jam lebih.

Agar kemacetan tak semakin memanjang, kata dia, petugas dari BPBD dan sejumlah anggota lalulintas Polres Situbondo langsung mengevakuasi pohon yang melintang di badan jalan tersebut.

"Jalur lintasan Jawa-Bali ini baru dapat di lewati dan lancar setelah satu jam kemudian tepatnya pada pukul 08.30 WIB karena pohon jati yang tumbang tersebut dapat dievakuasi ke pinggir jalan dengan dipotong mengginakan mesin pemotong kayu," katanya.

Sebelumnya, di Jalur Pantura Kawasan Wisata Pasir Putih Situbondo pada Minggu (15/1) siang juga dilanda banjir dan mengakibatkan jalan raya tergenang air sekitar 30 cm dan juga menyebabkan arus lalu lintas macet. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017