Jember (Antarajatim) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mencatat rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung di Desa Lampeji dan Desa Karang Kedawung, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur sebanyak 186 rumah dan empat warga mengalami luka-luka.

"Berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan petugas BPBD dan sukarelawan usai terjadi bencana angin puting beliung di Kecamatan Mumbulsari tercatat sebanyak 186 rumah korban angin puting beliung," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo di Jember, Sabtu.

Hujan deras yang disertai angin puting beliung menerjang tiga dusun yang berada di tiga desa di Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember yang menyebabkan empat warga mengalami luka-luka dan sebanyak 186 rumah warga mengalami rusak berat hingga ringan pada Jumat (13/1) sore.

Berdasarkan data BPBD Jember menyebutkan sebanyak 139 rumah warga di Dusun Peji Manggar, Desa Lampeji mengalami kerusakan dengan rincian sebanyak 126 rumah rusak ringan, 12 rumah rusak sedang, dan satu rumah rusak berat.

"Ada tiga korban jiwa yang mengalami luka-luka akibat puting beliung di dusun tersebut yakni atas nama Khoirul (20), Danil (8), dan Abdul Manan (40)," tuturnya.

Di Dusun Curah Laos, Desa Lampeji sebanyak 35 rumah mengalami kerusakan kategori ringan, dan di Dusun Peji Talang, Desa Karang Kedawung sebanyak 12 rumah mengalami kerusakan dengan rincian 10 rumah rusak ringan dan satu rumah rusak sedang, dan satu rumah rusak berat.

"Di Dusun Peji Talang juga ada korban jiwa yang mengalami luka ringan atas nama Ati (70) karena tertimpa reruntuhan rumahnya yang ambruk saat diterjang angin puting beliung," katanya.

Heru mengatakan tim reaksi cepat (TRC) BPBD bersama warga, TNI dan Polri sudah melakukan pembersihan puing-puing bangunan yang ambruk diterjang angin puting beliung di desa setempat dan upaya bersih-bersih tersebut akan dilanjutkan pada Sabtu ini.

"Kami mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan tinggi saat hujan deras yang disertai angin puting beliung karena potensi terjadi angin puting beliung bisa terjadi di 31 kecamatan di Jember," ujarnya menambahkan.

Data BPBD Jember mencatat angin puting beliung juga menerjang Desa/Kecamatan Pakusari yang menyebabkan 315 rumah rusak dan satu orang meninggal dunia, serta belasan warga luka-luka pada 5 Januari 2017.(*)
     
      

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017