Surabaya, (Antara Jatim) - PT Pelindo III (Persero) mengapresiasi dukungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terhadap pengembangan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dan Kali Baru Barat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
     
"Kami berterima kasih atas dukungan yang diberikan atas rencana pengembangan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan juga penyesuaian tarif di APBS," kata Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III M Iqbal, dalam keterangan persnya di Surabaya, Jumat.
      
Apresiasi itu diberikan, kata Iqbal setelah menhub bersama jajaran Kementerian Perhubungan melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Kamis (12/1). 
     
Sementara itu, Iqbal mengaku menhub juga mendukung penyesuaian tarif di APBS, yakni sebelumnya tarif disesuaikan dengan permintaan pengguna jasa dan menghitung "Gross Tonnage" (GT) kapal, namun saat ini tarif dihitung berdasarkan muatan. 
     
Iqbal mengatakan kenaikan signifikan di APBS karena alurnya yang semakin dalam, sehingga kapal dengan GT besar kini dapat memasuki kawasan tersebut. 
     
"Kapal dengan GT besar, muatan yang ditampung juga semakin banyak, dan tarifnya juga akan beda," katanya.
     
Sementara Menhub Budi Karya sebelumnya mengaku setuju dengan penyesuaian tarif terutama yang melalui APBS.
     
Dalam kesempatan itu, menhub juga memberi arahan pengembangan pelabuhan yang ada.
      
"Laut itu hadiah dari Tuhan, sudah tersedia tinggal kita kelola dengan baik," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017