Jember (Antarajatim) - Operasi pasar cabai yang digelar Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre XI Jember, Jawa Timur masih belum mempengaruhi harga komoditas cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di kabupaten setempat.

"Harga cabai rawit masih tetap mahal yakni kisaran Rp90.000 hingga Rp100.000 per kilogram di pasaran dan sepertinya harga komoditas tersebut belum terpengaruh dengan operasi pasar cabai," kata Munir, salah seorang pedagang cabai di Pasar Tanjung Jember.

Menurutnya harga cabai rawit selama sepekan terakhir masih tinggi menembus Rp100.000 untuk kualitas cabai yang bagus dan masih belum ada tanda-tanda turunnya harga bahan baku pembuat sambal tersebut.

"Pasokan dari petani memang berkurang akibat cuaca ekstrem hingga menyebabkan gagal panen, sehingga stok cabai di tingkat pedagang juga berkurang dan menyebabkan harga di pasaran tinggi," tuturnya.

Ia mengaku tidak tahu apakah harga cabai di pasaran akan turun perlahan-lahan seiring dengan operasi pasar cabai yang digelar Bulog Jember untuk menstabilkan harga komoditas bumbu dapur tersebut.

"Pedagang hanya menjual sesuai dengan harga pasaran. Kalau harga di tingkat petani naik, maka kami juga akan menaikkan harga cabai dan begitu pula sebaliknya," ujarnya menambahkan.

Sementara Kepala Bulog Sub Divre XI Jember Khozin mengatakan pihaknya tetap melakukan operasi pasar cabai rawit  di sejumlah titik hingga harga komoditas cabai tersebut kembali normal sesuai dengan instruksi Bulog pusat.

"Kami berharap dengan operasi pasar tersebut maka harga cabai rawit di pasaran bisa turun perlahan-lahan di Jember, namun kalau hingga kini belum turun maka pihak Bulog Jember terus melaksanakan operasi pasar cabai," tuturnya.

Bulog Jember menggelar operasi pasar cabai sejak Senin (9/1) di tiga lokasi dan beberapa rumah pangan kita (RPK) untuk menstabilkan harga cabai di pasaran dengan menjual cabai rawit merah dan hijau lebih murah sekitar 10 hingga 20 persen dari harga pasaran.

"Bulog menjual cabai rawit merah seharga Rp84.000 per kilogram dengan kemasan 1/4 kilogram seharga Rp21.000 dan cabai rawit hijau sebesar Rp40.000 per kilogram dengan kemasan 1/4 kilogram seharga Rp10.000," tuturnya.

Pantauan di lapangan, penjualan cabai rawit dalam operasi pasar cabai di depan Kantor Bulog Jember masih sepi dan stok yang disediakan sebanyak 1 kuintal di setiap titik masih ada dan tidak habis terjual hingga 100 persen.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017