Surabaya (Antara Jatim) - Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) Wilayah Surabaya dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) tahun 2017, Kamis menyatakan berkomitmen mendukung TNI AL berkelas dunia.

HUT Kowal ke- 54 itu diperingati dengan menggelar apel khusus yang dipimpin  oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung, Surabaya

Pangarmatim memuji penempatan anggota Kowal di kapal perang Republik Indonesia (KRI) jenis "landing platform dock" (LPD) sejak tahun 2013, hingga saat ini berlangsung baik. "Ini membuktikan bahwa anggota Kowal mampu beradaptasi dengan peraturan, situasi dan kondisi kapal perang," katanya. 

Hal itu, lanjut Pangarmatim, juga membuktikan bahwa Kowal juga mampu membangun kerja sama yang solid dengan para ABK KRI yang pada umumnya adalah pria. 

"Keberhasilan ini hendaknya menjadi suri tauladan bagi seluruh anggota Kowal di manapun mereka berdinas," tutur pati berbintang dua ini.

Tema HUT Kowal tahun ini adalah "Kowal Hebat dan Bermartabat Siap Mendukung TNI AL Berkelas Dunia". Tema ini menuntut Kowal meningkatkan potensi diri agar menjadi prajurit profesional, tangguh dan handal. 

"Tema ini juga mengandung makna akan kesadaran jati diri anggota Kowal sebagai wanita Indonesia yang harus menjunjung tinggi martabat dan harga diri, dengan senantiasa mengedepankan nilai- nilai kesantunan, keluwesan dan kesahajaan tanpa meninggalkan keberanian, kejujuran dan keterbukaan," tutur Pangarmatim. 

Dikatakan, sejak pertengahan tahun 2016, Kowal wilayah Surabaya telah melaksanakan berbagai kegiatan. Mulai dari donor darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya, anjangsana antar keluarga besar Kowal Wilayah Surabaya, baik yang masih aktif maupun yang telah pensiun. 

Belum lama lalu, Kowal Surabaya juga menggelar bhakti sosial pemeriksaan kesehatan gigi terhadap anak-anak usia 6 sampai 12 tahun yang bekerja sama dengan para Dokter Gigi  TNI Angkatan Laut, di Departemen Gigi dan Mulut (Gilut) Rumkital Dr. Ramelan Surabaya. 

Selain itu juga menggelar joysailing bersama ibu-ibu Jalasenastri menggunakan KRI Makassar-590, mengadakan perlombaan voley, renang, yel-yel dan bongkar pasang senjata, serta karya cipta penulisan cerpen dan baca puisi di Koarmatim. 

"Para Srikandi  matra laut ini juga melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Surabaya," ucap Pangarmatim. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017