Gresik, (Antara Jatim) - Kampus Akademi Komunitas Semen Indonesia (AKSI) membentuk ahli Teknologi Informasi (TI) dalam negeri sebagai tindaklanjut peluncuran perangkat daring atau "software Enterprise Resource Planning" (ERP) yang diberinama "Forca ERP", atau perangkat pengorganisasi berbagai proses bisnis secara terpadu di Indonesia.

"Forca ERP merupakan sebuah sistem yang dapat menjadi solusi atas permasalahan proses bisnis. Dengan tagline 'a home grown world class ERP' Forca ERP hadir sebagai pilihan terbaik yang terjangkau dan kualitasnya sama dengan ERP lain di dunia," kata CEO PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI), Andoyo Puji Raharjo, di Gresik, Kamis.

Andoyo mengatakan pembentukan ahli TI secara bertahap juga untuk mengurangi ketergantungan PT Semen Indonesia terhadap ahli luar negeri yang selama ini dikontrak, sebab pembiayaannya sangat tinggi yakni mencapai Rp20 miliar per tahun.

"Kualitas Forca ERP tidak diragukan lagi. Plaform ini lahir dari buah pengalaman selama 15 tahun bergulat langsung dengan teknologi top ERP dunia. Sofware ini memiliki 'core module' dan 'extented module' yang lebih lengkap dan lebih cocok bagi dunia bisnis di Indonesia," paparnya.

Sementara itu, ahli TI akan dibentuk melalui komunitas Forca ERP di kampus AKSI untuk bersama-sama melakukan pembelajaran ERP secara reguler.

"Para mahasiswa akan belajar secara langsung tentang ERP, menganalisa permasalahan yang terjadi di dunia bisnis hingga berfikir kritis tentang solusi terbaik yang harus disiapkan perusahaan," tuturnya.

Selain membentuk komunitas Forca ERP, juga dilakukan kerja sama dalam pengadaan "Forca ERP Learning and Development Center" di kampus AKSI, yang diharapkan menjadi pusat pembelajaran bagi para pebisnis di Indonesia, khususnya Jawa Timur.

"PT SISI kewalahan menghadapi implementasi Forca ERP. Karena itulah, dibutuhkan tenaga-tenaga ahli untuk mengembangkan Forca  ERP Learning and Development Center ini, dan kami juga berencana mengembangkan FORCA ERP learning and development center di dua universitas ternama di jawa timur yaitu universitas Airlangga dan Brawijaya," imbuhnya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017