Situbondo (Antara Jatim) - Manajer Wisata Bahari Pasir Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur mengemukakan bahwa kunjungan wisata pada Tahun Baru 2017 meningkat 15 hingga 20 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu.

"Memang jumlah pengunjung wisata terjadi peningkatan pada hari pergantian tahun 2016 ke 2017, yakni mencapai sekitar 13 ribu hingga 14 ribu wisatawan yang berkunjung pada hari ini," ujar kata Manajer Wisata Bahari Pasir Putih pada Perusahaan Daerah (Perusda) Pemkab Situbondo, Tukimun di Situbondo, Minggu malam.

Menurut dia, jumlah pengunjung wisata pantai yang ada di Kecamatan Bungatan, itu pada tahun lalu tercatat sekitar 10 ribu hingga 11 ribu orang dan pada tahun ini meningkat sekitar 15-20 persen.

Peningkatan pengunjung di objek wisata Pasir Putih Situbondo, kata dia, pada hari pertama pergantian tahun dikarenakan selain sebagai puncak libur panjang Natal dan Tahun Baru 2017 juga karena banyak masyarakat dari kabupaten tetangga yang sengaja memilih berlibur ke pantai yang memiliki pasir yang putih tersebut.

"Jumlah pengunjung wisata sekitar 14 ribu orang itu untuk hari ini saja, sedangkan jumlah keseluruhan selama libur Natal dan Tahun Baru tentunya berbeda karena hari ini puncak libur panjang," tuturnya.

Dalam pantauan, belasan ribu pengunjung wisata dari berbagai daerah tampak terlihat menikmati liburan bersama keluarga di objek Pasir Putih Situbondo, mulai dari lokasi pemandian pantai, berkeliling menggunakan perahu layar hingga menikmati keindahan bawah laut yakni terumbu karang yang dipenuhi berbagai jenis ikan.

Salah seorang pengunjung wisata asal Kabupaten Jember, Sutikno mengaku wisata Pasir Putih Situbondo memiliki daya tarik tersendiri mulai dari keindahan pantainya, dan pemandangan alam sekitar hingga keindahan terumbu karang yang bisa dinikmati dengan menaiki perahu nelayan.

"Setiap tahun kami satu keluarga memang kerap datang kesini untuk berlibur. Selain pantainya bagus juga ombaknya tenang dan aman untuk anak-anak mandi di laut," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017