Sidoarjo, (Antara Jatim) - Jumlah penumpang yang melalui Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih, Sidoarjo, Jawa Timur mencapai sektar 60 ribu orang dan diprediksikan malam ini akan menjadi puncak arus penumpang saat musim liburan tahun baru.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Jumat malam mengatakan, diprediksikan hari ini menjadi puncak arus penumpang yang menggunakan jasa di Terminal Purabaya ini.

"Jika pada hari biasa jumlah penumpang sekitar 29 ribu orang, maka pada hari ini sampai dengan besok pagi jumlahnya diprediksikan bisa tembus 60 ribu orang penumpang," katanya.

Ia menyebutkan, untuk trayek tujuan terbanyak di antaranya adalah Kediri dan juga Tulungagung. Selain itu juga ada Solo serta Jogjakarta.

"Kami optimistis tidak akan terjadi penumpukan penumpang mengingat saat ini ketersediaan bus sudah mencukup untuk mengangkut penumpang dari Terminal Purabaya ini," katanya.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya juga terus mengembangkan potensi perekonomian yang bisa dibangun di Terminal Purabaya ini, salah satunya adalah dengan memanfaatkan tenant-tenant yang ada di dalam lingkungan Purabaya ini.

"Jika dulu ada pemasukan dari peron masuk ruang tunggu kami masih mendapatkan pemasukan. Namun, saat ini peron tersebut sudah tidak ada, dan kami akan memanfaatkan lokasi yang ada untuk menambah nilai bisnis yang ada di Terminal Purabaya ini sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Bapak Menteri Perhubungan Budi Karya," katanya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan di sejumlah lokasi Terminal Purabaya Surabaya untuk melihat dari dekat kesiapan menghadapi pelaksanaan tahun baru 2017.

Dalam kesempatan itu, Menhub melihat dari dekat lokasi ruang tunggu Terminal Purabaya di lantai dua yang baru selesai dibangun. Selain itu, Menhub juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan calon penumpang yang menggunakan jasa angkutan bus.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016