Sidoarjo, (Antara Jatim) - Petugas Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih, Sidoarjo, Jawa Timur memprediksikan terjadi penurunan jumlah penumpang dari 28 ribu orang pada hari normal menjadi sekitar 20 ribu penumpang saat liburan Tahun Baru 2017.

Plt Kepala Terminal Purabaya Surabaya Soesandi Ismawan, Rabu mengatakan, adanya prediksi penurunan jumlah penumpang ini berdasarkan pengalaman-pengalaman tahun sebelumnya.

"Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya kalau liburan tahun baru di terminal ini memang cenderung sepi pengguna jasa angkutan bus," katanya saat dikonfirmasi di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, alasan terjadinya penurunan jumlah penumpang ini dikarenakan sebagian masyarakat lebih memilih untuk turun ke jalan dengan menggunakan kendaraan pribadi, dari pada menggunakan kendaraan umum saat pergantian tahun.

"Mungkin arus lalu lintas di jalan raya akan ramai, tetapi jumlah pengguna angkutan bus ini yang cenderung mengalami penurunan," katanya.

Ia menjelaskan, untuk puncak arus balik pada liburan panjang Natal dan Tahun Baru 2017 kali ini pihaknya memprediksikan akan terjadi pada Jumat (30/12).

"Prediksi kami puncak arus balik akan terjadi pada Jumat besok, dan kemudian pada Sabtu (31/12) akan kembali sepi. Ini sesuai dengan pengalaman tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Ia mengatakan, untuk puncak arus balik nanti diprediksikan tidak akan terjadi penumpukan jumlah penumpang di Terminal Purabaya Surabaya karena sampai dengan saat ini ketersediaan armada masih mencukupi.

"Armada bus kota masih mencukupi sampai dengan saat ini dan tidak akan ada hambatan kalau ada di dalam Kota Surabaya tidak ada kemacetan yang luar biasa," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016