Gresik, (Antara) - Sebanyak 25 foto yang menjadi bagian peristiwa penting perjalanan wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur dipamerkan di Bundaran Alun-alun wilayah setempat selama tiga hari, yakni Jumat (23/12) sampai Minggu (25/12) oleh "Komunitas Tukang Photo" (KTP) Gresik dalam tema “Membingkai Gresik”.
     
Koordinator pelaksana pameran Chusnul Cahyadi di Gresik, Jumat mengatakan pameran ini digelar untuk menandai hadirnya komunitas baru fotografi di Gresik.
     
Selain itu, pameran yang dipelopori oleh lima pewarta yang bekerja di wilayah Gresik itu juga bertujuan mendorong aktivitas kreatif pemuda di wilayah setempat agar mampu berkarya serta terhindar dari aktivitas negatif seperti narkoba.
     
"Lima tukang photo ini sehari-hari juga bekerja sebagai jurnalis di wilayah Kabupaten Gresik dan sekitarnya, dan pameran ini sengaja digelar untuk memotivasi pemuda berkarya,” katanya.
     
Ia mengatakan, pameran ini juga sebagai edukasi kepada warga Gresik untuk mengingat kembali sejumlah peristiwa penting yang terjadi di wilayah setempat, agar dijadikan sebagai pelajaran dan catatan sejarah yang mewarnai pembangunan Gresik.
      
"Ada sejumlah foto peristiwa penting dalam pameran ini, seperti foto penyanderaan seorang anak yang diambil dari peristiwa fenomenal penyanderaan di Kodim 0817 Kabupaten Gresik karya saya. Karya ini hadir dalam pameran “Membingkai Gresik” dan merupakan karya fenomenal karena berhasil menjadi pemenang dalam Lomba Jurnalistik Prapanca Jawa Timur 2015,” ucap Ayok, yang bekerja di salah satu media besar di Jatim.
    
Selain itu, ada juga foto peristiwa politik pelaksanaan Pilkada Kabupaten Gresik karya Malik yang merupakan pewarta Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA. Karya ini menjadi titik balik sejarah terpilihnya kembali pasangan Sambari-Qosim (SQ) untuk memimpin Kabupaten Gresik kedua kalinya.
     
Ayok berharap, melalui pameran ini bisa memberikan rangsangan kepada komunitas lainnya untuk berani menampilkan karya-karyanya dalam sebuah pameran, sehingga mendorong aktivitas positif di kalangan penghobi fotografi, khususnya kalangan muda.(*)

 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016