Sampang (Antara Jatim) - Kapal Motor Pengakut kayu karam di Perairan Katapang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Selasa, akibat diterjang ombak besar dan angin kencang.

Lokasi kapal tenggelam itu di sekitar lokasi Air Terjun Toroan, Desa Ketapang Timur, Kecamatan Ketapang, Sampang.

Belum diketahui nama dan identitas korban kapal tenggelam ini, karena petugas dari Polsek Ketapang dibantu Koramil setempat dan Tim Reaksi Cepat Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Sampang masih melakukan pendataan.

"Tim kami hingga malam ini masih di lokasi kejadian dan belum melaporkan identitas dan nama kapal yang dilaporkan karam itu," kata Kepala BPBD Sampang Wisnu Hartono, Selasa malam.

Kecalakaan kapal tenggelam di Perairan Ketapang kali ini merupakan kali kedua dalam tiga pekan terakhir ini.

Pada 5 Desember 2016, Kapal Motor Sinar Mutiara juga tenggelam di Perairan Ketapang Sampang akibat diterjang ombak dan angin kencang.

Kapal Motor yang tenggelam di Perairan Katapang, Sampang, Madura itu merupakan kapal pengangkut ternak dengan tujuan Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Kapal itu mengangkut sebanyak 140 ekor sapi dan 900 ekor kambing, serta sebanyak 16 orang ABK.

Kapal berangkat dari Pelabuhan Telaga Biru, Bangkalan, Madura, Senin (5/12) sekitar pukul 13.00 WIB dan tiga jam kemudian, yakni sekitar pukul 16.00 WIB kapal dikabarkan tenggelam.

Sebanyak 16 orang anak buah kapal berhasil selamat dan mereka ditemukan oleh nelayan asal Lamongan sehari setelah kejadian.

"Cuaca akhir-akhir ini memang tidak bersahabat, dan oleh karenanya, kami meminta nelayan agar lebih barhati-hati. Sebaiknya kegiatan angkutan air ditunda apabila memang cuaca sedang tidak bersahabat," kata Kepala BPBD Bangkalan Wisnu Hartono. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016