Sidoarjo, (Antara Jatim) - Muhammadiyah memperkuat karakter pendidikan melalui kegiatan Muhammadiyah Education Festival and Conference (ME-Confest) 2016 yang berlangsung di lingkungan sekolah Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur.

Panitia ME-Confest 2016 Saad Ibrahim Selasa mengatakan, kegiatan tersebut diikuti sekitar 3.364 orang peserta dari berbagai wilayah sekolah muhammadiyah di seluruh Indonesia.

"Kegiatan tersebut merupakan media pengembangan, talenta para pelajar muhammadiyah pada bidang seni, olahraga, dan budaya dengan pola kompetensi pada bidang film indie, story telling, reading English news, english speech, khitobah, membaca Al Qur an, musikali puisi, menulis cerpen, bisnis plan. Juga untuk bidang olahraganya meliputi basket dan futsal," katanya.

Ia mengemukakan, kegiatan ini telah dilakukan dua tahunan dengan melibatkan ribuan siswa-siswa SD, SMP hingga SMA. 

"Semua itu bertujuan untuk membangun peradaban dunia, membangun pendidikan berkarakter siswa-siswi muhammadiyah," katanya.

Ia mengatakan, ME-Confest ini telah dimulai pada tahun 2012 dengan jumlah peserta di atas seribu peserta dan dilanjutkan pada tahun 2014 dengan jumlah peserta lebih dari dua ribu orang peserta.

"Pada tahun 2016 diselenggarakan untuk lingkup nasional. Selama tiga kali, kegiatan ini diselenggarakan di muhammadiyah Kabupaten Sidoarjo dan mendapatkan respon cukup baik dari banyak pihak," katanya.

Dalam kegiatan ini, lanjut dia, para kepala sekolah muhammadiyah akan melakukan deklarasi bersama dalam rangka menyukseskan gerakan penguatan pendidikan karakter di lingkungan sekolah muhammadiyah di Jawa Timur.

"Berbagai penampilan seni juga akan ditampilkan pelajar muhammadiyah dan juga pemberian penghargaan kepada juara ME-Confest 2016," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016