Pamekasan (Antara Jatim) - Kodim 0826 Pamekasan, Jawa Timur menerjunkan bintara pembina desa (babinsa) di wilayah itu, membantu memperbaiki tebing longsor di wilayah utara.

"Lokasi kejadian di Dusun Cok Gunung, Desa Waru Timur, Kecamatan Waru, Pamekasan," kata Pasi Intel Kodim Pamekasan Kapten Inf Darminto dalam rilis yang disampaikan kepada Antara di Pamekasan, Selasa malam.

Ia menjelaskan, akibat kejadian itu, jalur akses desa terputus, karena tidak bisa dilalui kendaraan bermotor.

Menurut Darminto, TNI tidak bekerja sendirian, akan tetapi juga bersama masyarakat dan mahasiswa yang sedang menggelar kuliah kerja nyata (KKN) dari Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Amien, Prenduan, Sumenep.

Menurut Batituud Pelda Mitung, tebing longsor yang terjadi di Dusun Cok Gunung, Desa Waru Timur, Kecamatan Waru itu, setelah hujan deras mengguyur kawasan itu, Selasa (19/12).

Selain menyebabkan tebing longsor, hujan deras yang disertai angin kencang itu, juga merobohkan sejumlah pepohonan.

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun banyak infrastruktur yang rusak," kata Mitung, menjelaskan.

Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Pamekasan Selasa (19/12) malam itu terjadi di semua kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Data pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan menyebutkan, selain menyebabkan terjadinya longsoran tebing, hujan deras yang disertai angin kencang itu juga menyebabkan sejumlah rumah warga di tiga kecamatan di Pamekasan rusak tertimpa pohon roboh.

Jaringan listrik juga terputus, karena banyak kabel listrik putus tertimpa pohon roboh. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016