Surabaya (Antara Jatim) - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyabet dua gelar juara di ajang Kontes Jembatan Indonesia (KJI) dan Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) 2016 yang dihelat di Universitas Sriwijaya, Palembang, 2-4 Desember 2016.

"Dalam ajang KBGI, kemenangan datang dari empat kategori, yaitu Kinerja Struktural, Kesesuaian Implementasi terhadap Desain, Metode Pelaksanaan Konstruksi,dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terlengkap. Dari perolehan tersebut, ITS mutlak menyabet Juara Umum KBGI 2016," kata Daryl Julian, Wakil Ketua Crew KJI-KBGI ITS, Senin.

Sementara dari KJI, meski tak berhasil menjadi yang pertama, ITS masih bertengger pada posisi kedua juara umum. Perolehan ini datang dari KJI Busur. ITS unggul di tiga kategori yang dilombakan, yakni kategori K3, Metode Konstruksi Terealisasi, serta kategori Jembatan Terindah.

“Setiap trial perakitan dan pengujian selalu ada evaluasi yang didapat. Dari evaluasi tersebut, selalu diperbaiki pada percobaan berikutnya," terang Daryl.

Dia mengatakan, di akhir sebelum hari-H terdapat perubahan ukuran material yang digunakan, hal itu tidak menjadi kendala oleh ITS. Dikarenakan persiapan yang matang dan kekompakan dari semua crew.

“ITS layak mendapatkan ini, secara proposal memang sudah mantap,” tutur Daryl. Ia mengungkapkan jalan pencapaian KJI-KBGI ini tak mudah, kekuatan doa yang tak putus juga menjadi salah satu kuncinya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Diploma Teknik Sipil ITS, Dr Machsus ST MT, turut mengungkapkan rasa syukurnya.

“Alhamdulillah, selamat bagi semua mahasiswa Departemen Teknik Sipil juga dosen pembimbing yang terlibat,” ungkap Machsus.

Ia juga menyampaikan rasa terimakasih atas kontribusi membanggakan bagi almamater ITS ini.(*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016