Sumenep (Antara Jatim) - Perssu Super Madura akan membawa 25 pemain ke Jepara, Jawa Tengah, untuk menghadapi laga melawan PSPS Riau dalam babak delapan besar Indonesia Soccer Championship (ISC) B 2016.

"Namun, dari 25 pemain itu, sebenarnya 24 pemain yang siap diturunkan dalam laga delapan besar dan satu masih cedera," ujar Pelatih Perssu Super Madura, Salahuddin di Sumenep, Jawa Timur, Minggu.

Perssu Super Madura adalah tim asal Sumenep yang berlaga di ISC B 2016 dan tercatat lolos ke babak delapan besar.

Sesuai jadwal yang ditetapkan operator ISC B 2016, laga Perssu kontra PSPS Riau akan digelar di Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara, Jawa Tengah, pada Jumat (9/12) pukul 15.30 WIB.

"Manajemen memperkenankan kami untuk membawa semua pemain. Tujuannya agar para pemain kami merasakan atmosfer babak delapan besar yang menggunakan sistem gugur," kata Salahuddin, menerangkan.

Ia menjelaskan, sistem gugur akan lebih memberikan tekanan mental kepada para pemain, karena tim yang kalah dipastikan langsung pulang atau keluar dari kompetisi.

"Kami bersama manajemen ingin memberikan pelajaran kepada semua pemain agar mental mereka lebih kuat. Kalau tidak ingin kalah, masing-masing pemain harus bermental kuat, fokus, dan solid dalam bermain dengan skema tim," ujarnya.

Selama masa jeda pertandingan sejak selesainya babak 16 besar, kata dia, pihaknya menggenjot fisik para pemain Perssu dengan menambah porsi latihan.

Fisik yang lemah akan membuat mental para pemain mudah drop dan selanjutnya mereka tidak akan bisa fokus dan solid dalam mengelola skema permainan menghadapi lawan.

"Alhamdulillah, sebanyak 24 dari 25 pemain kami dalam kondisi fit dan siap diturunkan dalam laga delapan besar. Semoga tidak ada pemain yang mengalami cedera lagi," ucapnya.

Sesuai hasil kesepakatan dengan manajemen, tim pelatih, pemain, dan offisial Perssu Kaisar Madura, sebutan lain Perssu Super Madura akan berangkat ke Jepara pada Selasa (6/12).

"Para pemain tetap butuh waktu untuk adaptasi dengan kondisi cuaca setempat sekaligus supaya mereka mengetahui tempat pertandingan. Kalau tidak ada perubahan, kami akan berangkat ke Jepara pada Selasa (6/12)," kata Salahuddin. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016