Surabaya (Antara Jatim) - Komando Armada Indonesia Kawasan Timur (Koarmatim) menggelar lomba ski lumpur di Dermaga Satuan Amfibi Koarmatim,Tanjung Perak, Surabaya, Kamis, menyambut Hari Armada 2016 yang jatuh pada setiap tanggal 5 Desember itu.

Koresponden Antara melaporkan hujan yang mengguyur sejak Kamis dini hari tidak menyurutkan semangat para prajurit Koarmatim untuk berseluncur menggunakan papan di lumpur dermaga yang biasanya digunakan pendaratan tank amfibi itu.

Musim hujan membuat pantai dermaga yang airnya pada pagi itu surut menjadi berlumpur sampai setinggi pinggang para prajurit yang berlomba. Panitia membaginya menjadi lima lintasan dan para prajurit pun adu cepat berseluncur menembus lumpur menggunakan sebidang papan.

"Kalau siang airnya pasang, pagi selalu surut seperti ini," kata Kasi Lomba Ski Lumpur Koarmatim, Letkol Laut (KH) Nur Khamid.

Teknis lomba, satu lutut kaki bertumpu di atas papan, kaki satunya mengayuh di dalam lumpur agar papannya menggelinding, tapi lumpur tentu susah dikayuh. Untuk berjalan melangkahkan kaki saja susah, apalagi dibuat berseluncur.

Tampak mayoritas para prajurit yang berlomba kesulitan menggelindingkan papan seluncurnya di atas lumpur. "Sungguh menguras tenaga," ucap salah seorang prajurit Koarmatim yang mengikuti lomba, Kopda Budi Setiawan.

Namun, di lintasan lomba sepanjang kurang lebih 20 meter itu, Budi mengaku lama-lama menemukan cara agar bisa berselancar di atas lumpur.

"Caranya, papannya jangan sampai terlalu dalam menancap di lumpur. Harus tetap mengambang di atas permukaan lumpur, barulah papannya mudah berseluncur," tuturnya.  

Di sela acara itu, Kasi Lomba Ski Lumpur menambahkan ada 36 tim yang berlomba. "Hadiahnya sejumlah uang yang akan dibagikan langsung oleh Pangarmatim pada acara puncak Hari Armada pada 18 Desember nanti," ucapnya.

Sementara itu,  Pangarmatim Laksda TNI Darwanto mengatakan pihaknya menggelar sejumlah kegiatan, baik untuk prajurit Koarmatim maupun melibatkan masyarakat umum, untuk memeriahkan Hari Armada 2016 yang jatuh pada setiap tanggal 5 Desember.

"Selain lomba ski lumpur, ada juga sejumlah lomba kebaharian seperti renang melintasi Selat Madura, cerdas cermat kebaharian dan masih banyak lagi lomba lainnya," ucapnya.

Pada hari yang sama (17/11), Pangarmatim Laksda TNI Darwanto menyaksikan putaran final lomba Power Boat Race dalam rangka Festival Bahari Kamal 2016 di perairan Pelabuhan Kamal Bangkalan Madura.

Lomba Power Boat Race kali ini merupakan pertama kalinya  diselenggarakan di Jawa Timur yang diikuti beberapa klub, seperti Javanis Jatim, Zagali Boat Aceh, Jawa Tengah Arencer, serta Halim Veberglass NTB.

Selain perlombaan Power Boat Race, Festival Bahari Kamal 2016 juga dimeriahkan dengan lomba kebaharian lainnya serta beberapa pameran yang menonjolkan tentang pelabuhan Kamal dari masa ke masa. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016