Surabaya (Antara Jatim) - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V Surabaya di Lapangan Mako Lantamal V Surabaya, Kamis.

Dalam upacara sertijab itu, tampuk kepemimpinan Lantamal V yang semula dijabat oleh Brigadir Jenderal TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah beralih kepada Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto.

Nantinya, Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah akan meneruskan pengabdiannya di TNI Angkatan Laut dengan menjabat sebagai Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL).

Sementara itu, penggantinya, Laksma TNI Edi Sucipto, merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 34 tahun1988 yang semula menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal).

Dalam sambutannya, Pangarmatim menyatakan Lantamal adalah komando pelaksana dukungan yang merupakan salah satu komponen kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang memiliki tugas untuk menyelenggarakan dukungan terhadap unsur-unsur TNI AL yaitu KRI, Pesud dan Marinir dalam operasi dan pemberdayaan potensi maritim.

"Sebagai Komando Pelaksana Dukungan, Lantamal V memiliki peranan yang sangat penting dalam pencapaian tugas Komando Armada RI Kawasan Timur, kegiatan operasi laut tidak akan berjalan optimal tanpa diimbangi oleh aspek dukungan yang baik dan memadai," kata Pangarmatim.

Menurut Pangarmatim, serah terima jabatan merupakan kebutuhan organisasi untuk mengantisipasi berbagai tantangan pelaksanaan tugas ke depan seiring tantangan tugas yang semakin kompleks dan mencakup dimensi yang cukup luas.

"Juga, sesuai arah kebijakan pemerintah saat ini untuk menggali dan mengoptimalkan potensi di bidang maritim yang menempatkan sektor kelautan sebagai salah satu andalan pembangunan nasional untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia," katanya.

Acara tersebut dihadiri Komandan Guspurla Koarmatim Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, Komandan Guskamla Koarmatim Laksamana Pertama TNI I.N.G. Sudihartawan, Danlantamal VI, Danlantamal VII, Danlantamal VIII, Danlantamal IX, Danlantamal X, Danlantamal XI, Danlantamal XIII, Danlantamal IV, Wakapolda Jatim, dan para mantan Danlantamal V.

Setelah upacara usai, acara dimeriahkan dengan demonstrasi dan simulasi pertahanan pangkalan yang dimainkan prajurit dan PNS Mako Lantamal V. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016