Kediri (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mewadahi ajang kreativitas pemuda Kediri dengan kegiatan bertajuk "Harmoni pemuda Kediri" yang digelar bersamaan dengan peringatan Sumpah Pemuda, 28 Oktober.
     
"Kami terus memfasilitasi dan terus mendukung kreativitas serta industri kreatif agar berjalan baik dan jauh lebih besar lagi," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Kediri, Jumat.
     
Ia mengatakan, pemkot sengaja mengadakan banyak kegiatan dengan menggandeng semua pihak, termasuk pemuda. Mereka ikut memberikan masukan yang positif bagi pembangunan di Kota Kediri.
     
Wali Kota juga menambahkan, dengan beragam kegiatan ini, secara tidak langsung juga sebagai ajang wisata. Banyak pengunjung ke Kediri, sehingga menjadikan kota ini juga lebih ramai lagi.
     
Ia berharap, ke depan adanya komunikasi yang terjalin baik dengan pemuda ini bisa menjadi jembatan yang baik. Pemkot akan terus mendukung berbagai ide yang membangun termasuk ide dari para pemuda.
     
Kegiatan "Harmoni pemuda Kediri" tersebut diikuti para pelajar, mahasiswa, komunitas pemuda, maupun seniman di Kediri. Beragam kegiatan digelar dalam acara ini, misalnya deklarasi sumpah pemuda, ekspo komunitas, parade tenun Kediri, festival kuliner, sayembara foto, gerakan nol sampah, workshop, sampai pentas seni.
     
Kegiatan tersebut juga dihadiri bintang tamu, grup band d'Masiv. Ia sengaja diundang memeriahkan acara yang digelar di halaman Balai Kota Kediri tersebut. Acara itu berlangsung selama dua hari, yaitu 28-29 Oktober 2016. 
     
Sebelum acara deklarasi sumpah pemuda, nantinya naskah sumpah pemuda itu dibawa oleh pelari "Runners" yang berlari sejauh 2,8 kilometer mengelilingi Kota Kediri, lalu menuju panggung utama. 
     
Di panggung, "Runners" disambut penari, pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka), yang diteruskan ke Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. 
     
Wali Kota mengapresiasi ide dari para pemuda tersebut, dan berharap ke depan akan lebih baik lagi. Kegiatan ini diharapkan bisa terus berlanjut.
     
"Semoga ke depan jauh lebih keren lagi," harap Wali Kota. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016