Sidoarjo (Antara Jatim) - Sebanyak 35 orang prajurit di Brigade Infenteri-1 Marinir di Gedangan Sidoarjo naik pangkat sebagai salah satu wujud penghargaan dari dinas atas prestasi, dedikasi dan loyalitas para prajurit.

Komandan Kompi Markas Brigade Infanteri-1 Marinir Mayor Marinir Supriyadi, di Sidoarjo, Kamis, mengatakan sebanyak tiga puluh lima prajurit Kompi Markas Brigif-1 Marinir menyandang pangkat baru satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula per Oktober 2016.

"Rinciannya 5 orang dari Pelda ke Peltu, 15 orang dari Serma ke Pelda, 1 orang dari Serka ke Serma, 1 orang dari Sertu ke Serka, 2 orang dari Serda ke Sertu, 1 orang dari Koptu ke Kopka, 6 orang dari Kopda ke Koptu dan 4 orang dari Praka ke Kopda," katanya saat memimpin upacara kenaikan pangkat prajurit Kompi Markas Brigif-1 Marinir di Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo.

Dalam amanatnya, Komandan Kompi Markas Brigif-1 Marinir mengatakan, upacara kenaikan pangkat merupakan tradisi di lingkungan Kima Brigif-1 Marinir dengan tujuan untuk meresmikan dan sekaligus memberikan ucapan selamat kepada segenap prajurit yang dianugerahi pangkat baru satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula.
 
Menurut orang nomor satu di Kima Brigif-1 Marinir itu, kenaikan pangkat merupakan salah satu wujud nyata penghargaan dari dinas atas prestasi, dedikasi dan loyalitas yang sudah ditunjukkan oleh para prajurit yang naik pangkat.

"Di samping itu, kenaikan pangkat  juga merupakan bagian dari pelaksanaan sistem pembinaan personel yang diorientasikan bagi kepentingan organisasi," katanya dalam siaran pers.

Menurutnya, kenaikan pangkat ini juga merupakan wujud penghargaan negara atas prestasi yang telah ditunjukkan selama mengemban tugas dan tanggung jawab pada jabatannya.

"Sekaligus merupakan kehormatan, yang mengandung konsekuensi kewajiban untuk menjaga, memelihara dan memberikan tauladan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari," katanya.
 
Sebelum mengakhiri amanatnya, Komandan Kompi Markas Brigif-1 Marinir atas nama pribadi  dan seluruh jajaran Kima Brigif-1 Marinir mengucapkan selamat kepada prajurit yang naik pangkat atas kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula
 
"Sementara itu bagi anggota yang belum naik pangkat, Komandan berharap agar tidak berkecil hati, karena tidak berarti lebih buruk dari yang lain, sebab ukuran baik-buruk di lingkungan militer tidak dilihat dari pangkat dan jabatannya tetapi bagaimana dapat melaksanakan tugas dengan baik," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016