Surabaya (Antara Jatim) -  Komunitas pengguna kendaraan bermotor jenis Innova yakni Innova Community (IC) Chapter Jatim menyosialisasikan pentingnya Bank Sampah yang bernilai ekonomis dan baik untuk pelestarian lingkungan sekitar.

Ketua Pelaksana Program Sosialisasi Bank Sampah, Robin D, di Sidoarjo, Rabu, mengatakan sosialisasi bertema “Lingkungan Indah dengan Bank Sampah” itu telah terselenggara di RT 07 dan RT 08 di RW 02, Kelurahan Gelam, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo pada 9 Oktober.

Antusias warga untuk mengikuti sosialisasi tentang bank sampah sangat tinggi terbukti banyaknya warga yang hadir dan mengikuti acara hingga selesai.

Bahkan, sebelum diresmikannya Bank Sampah di lahan milik pasangan Sanuri dan Luluk, sudah banyak warga yang menyetorkan sampah.

Robin yang didampingi Ketua Chapter Lukman Chakim mengemukakan, sosialisasi Bank Sampah tersebut merupakan bentuk kepedulian sosial IC Jatim terhadap lingkungan dan masyarakat agar sampah yang dianggap tidak bernilai dapat dimanfaatkan dengan cara memilih, memilah, dan mengolahnya menjadi barang ekonomis.  

“Saya sangat mengapresiasi program bertema peduli lingkungan ini," kata Ketua Tim Sosialisasi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Sidoarjo, Budi Santoso, dalam acara yang juga dihadiri Lurah Gelam, Muhammad Muslich, itu.

Ia berharap progam tersebut dapat mendorong peningkatan kepedulian warga terhadap lingkungan sekitar. Selain itu,  meningkatkan sikap disiplin, sekaligus rasa memiliki terhadap keberadaan Bank Sampah.

Lebih lanjut Robin menambahkan sosialisasi ini merupakan kelanjutkan dari tahapan program yang direncanakan oleh IC chapter Jatim. Program ini diawali dengan tahapan yang terdiri dari sosialisasi awal, kerja bakti penyiapan lahan untuk bank sampah, dan pembangunan bank sampah. 

Untuk selanjutknya, akan diselenggarakan supervisi. Dari hasil supervisi itu diharapkan sudah dapat terlihat berjalannya program bank sampah tersebut, sehingga tujuan utama dari program yang telah menjadi Juara 1 dalam Kontes CSR dari Auto 2000 A Yani Surabaya untuk komunitas mobil Toyota di Surabaya, berhasil. (*)

Pewarta: Supervisor

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016