Magetan (Antara Jatim) - Sebagian bangunan rumah milik warga di Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, rusak akibat terbawa tanah longsor setelah hujan deras melanda kawasan setempat semalaman.

Data BPBD Magetan mencatat, rumah warga yang rusak tersebut adalah milik Mualim yang bagian dapur dan belakang rumahnya rusak akibat tebing tempat rumahnya berdiri longsor setelah hujan deras mengguyur semalaman. 

"Sejak kemarin sore hingga malam hujan tidak berhenti. Akibatnya tebing rumah longsor bersamaan bangunan bagian belakang rumah juga ikut ambrol," ujar Mualim kepada wartawan, Senin.

Beruntung saat kejadian ia dan anggota keluarganya bisa menyelamatkan diri. Ia dan keluarganya langsung lari ke luar rumah saat mendengar suara retakan pada dinding dapur.

Sejumlah warga dibantu anggota BPBD Magetan, TNI dan polsek setempat bergotong-royong membersihkan sisa material longsoran. Bencana tanah longsor tersebut diduga karena tebing tidak kuat menahan gerusan air hujan yang turun dalam waktu lama. 

Warga di daerah setempat mengaku takut dengan bencana tanah longsor susulan mengingat curah hujan masih cukup tinggi selama beberapa hari ke depan. 

BPBD Magetan memetakan Desa Gonggang Kecamatan Poncol termasuk daerah rawan longsor saat hujan deras melanda selama beberapa jam. Hal itu karena hampir semua desa di Kecamatan Poncol terdapat titik longsor, terlebih titik longsor tersebut berdekatan dengan permukiman warga.

Selain Poncol, wilayah rawan longsor lainnya adalah Kecamatan Plaosan, Panekan, Sidorejo, dan Parang.

Warga yang tinggal di daerah tersebut diimbau untuk waspada terlebih sesuai prediksi BMKG Juanda, wilayah Jawa Timur mulai memasuki musim hujan pada bulan Oktober ini. Masyarakat diminta mewaspadai banjir, tanah longsor, dan angin kencang saat hujan deras melanda. (*)

    

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016