Jember (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur mencanangkan kawasan ekonomi khusus bidang pariwisata yang meliputi empat kecamatan di pesisir selatan Jember, yakni Puger, Ambulu, Wuluhan, dan Balung.

"Ada empat titik kawasan destinasi wisata yang dicanangkan sebagai kawasan ekonomi khusus, yakni Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) di Kecamatan Wuluhan, Pantai Payangan di Kecamatan Ambulu, Tempat Pelelangan Ikan di Kecamatan Puger, dan sentra kerajinan manik-manik di Kecamatan Balung," kata Kasi Pemasaran dan Penyuluhan Kantor Pariwisata Jember Deta Irama Kasih di Jember, Sabtu.

Menurutnya empat kecamatan tersebut memiliki destinasi wisata yang cukup bagus untuk dikembangkan sebagai kawasan ekonomi khusus bidang pariwisata, sehingga pihak Kantor Pariwisata mempersiapkan sumber daya manusia untuk menjadi kelompok sadar wisata di kawasan tersebut.

"Kami perlu mempersiapkan masyarakat di sekitar destinasi wisata yang tersebar di empat kecamatan itu, sehingga ke depan bisa menunjang potensi wisata yang akan dikembangkan Pemkab Jember melalui kawasan ekonomi khusus," tuturnya.

Ia mengatakan berbagai penyuluhan akan dilakukan pihak Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Jember untuk mewujudkan kelompok sadar wisata di empat kecamatan tersebut seperti menjaga kebersihan lingkungan di kawasan wisata, menciptakan rasa aman, dan memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap sektor wisata.

"Di sisi lain perlu kerja sama dengan sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya untuk mewujudkan kawasan ekonomi khusus tersebut seperti perbaikan sarana dan prasarana objek wisata, peningkatan potensi kemaritiman, dan akses jalan untuk menuju kawasan ekonomi khusus tersebut," katanya.     

Sebelumnya sejumlah tim kawasan ekonomi khusus dari sejumlah kementerian melakukan kunjungan ke Kabupaten Jember untuk melihat potensi khusus destinasi wisata yang akan dikembangkan oleh Pemkab Jember.

Ketua tim rombongan dari tim Kawasan Ekonomi Khusus yang juga Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM Profesor Widodo Ekatjahyana mengatakan Bupati Jember sudah sering melakukan  "road show" ke kementrian untuk mengenalkan potensi daerah Jember, sehingga dinilai layak untuk diperjuangkan secara nasional juga.

"Ibu Bupati yang road show di beberapa kementrian dan Jember termasuk yang berpotensi untuk ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus, sehingga tim berharap sekali yang terbaik untuk Jember," tuturnya.

Rombongan tim Kawasan Ekonomi Khusus dari Sekretariat Dewan Nasional juga diajak berkunjung ke sejumlah destinasi wisata yang akan ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus seperti di Tempat Pelelangan Ikan di Puger dengan produksi perikanan tangkap kurang lebih 4.250 ton ikan tongkol, cakalan dan lemuru.

Kemudian di Pantai Papuma dan Pantai Payangan yang memiliki keindahan nan eksotis, serta mengunjungi sentra kerajinan manik-manik yang sudah menembus pasar dunia di Kecamatan Balung.(*)  

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016