Situbondo (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menabur puluhan ribu benih ikan nila di Waduk Bajulmati yang saat ini menjadi destinasi wisata baru guna menjadi pendukung pengembangan objek wisata di Kawasan Hutan Baluran tersebut.

"Langkah awal dalam pengembangan destinasi wisata baru Waduk Bajulmati di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Bupati Dadang Wigiarto dan Wakil Bupati Yoyok Mulyadi, pada Minggu (2/10) kemarin telah menabur benih di waduk tersebut," ujar Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Pemkab Situbondo Sugeng Yuwono di Situbondo, Senin.

Ia mengemukakan penaburan 20 ribu ikan nila tersebut dilakukan bertujuan agar pengunjung wisata di Waduk Bajulmati, khususnya yang hobi memancing betah di waduk tersebut dengan memancing ikan sembari menikmati pemandangan alam sekitar.

Selama ini, kata dia, banyak pengunjung wisata yang datang ke objek wisata air dan pamandangan alam itu terpantau memancing di pinggiran waduk yang memiliki luas genangan air sekitar 95 hektare tersebut.

"Pemerintah Kabupaten Situbondo akan terus melakukan terobosan-terobosan guna pengembangan objek wisata Waduk Bajulmati, dengan menggelar kagiatan atau acara serta pemerintah daerah setempat saat ini sudah memetakan apa saja yang nantinya akan dibangun," katanya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, pembangunan wisata waduk tak hanya sekedar jalan saja, akan tetapi di lokasi sekitar waduk akan dibangun beberapa tempat peristirahatan serta tempat penginapan.

"Kata Bupati, khusus untuk bangunan seperti wisma nanti akan dibangun secara alami atau bahan bangunannya akan menggunakan kayu," ucapnya.

Sedangkan, pembangunan wisata waduk secara teknis nantinya akan melalui beberapa tahapan kerja sama antara Pemkab Situbondo dengan BBWS Brantas Surabaya, Taman Nasional Baluran, Perhutani, serta pihak-pihak lain yang terkait. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016