Surabaya (Antara Jatim) - Mantan ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin memuji Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul di hadapan pengajian yang diikuti ribuan jamaah Aisyiyah di Masjid Al-Akbar Surabaya, Minggu.

"Sudah terbukti bahwa Gus Ipul ini seorang tokoh sekaligus ulama yang hebat," ujarnya di sela menjadi pembicara Tabligh Akbar Pimpinan Wilayah Aisyiyah-Muhammadiyah bertema "Mendidik Anak Dengan Cinta".

Menurut dia, Gus Ipul memang merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang kini menjadi salah satu ketua pengurus besar, lahir dan besar di keluarga NU, pernah menjabat ketua umum GP Ansor, serta aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

"Akan tetapi pemikiran beliau ini sudah sangat Muhammadiyah. Bahkan, Gus Ipul sudah layak diberi kartu Muhammadiyah. Saya tahu itu, karena beliau adalah sahabat saya," ucapnya.

Selain itu, mantan ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut juga mengaku heran karena nama Gus Ipul sudah populer di kalangan Aisyiyah, khususnya Jawa Timur.

Kendati demikian, ulama kelahiran NTB itu berharap para warga Muhammadiyah dalam memilih kepala daerah harus cerdas dan mengetahui pasti bahwa dia cinta terhadap Muhammadiyah.

"Kalau memilih calon pemimpin, pilihlah yang cerdas dan dekat dengan Muhammadiyah," katanya.

Sementara itu, Gus Ipul yang ditemui usai pengajian mengaku berterima kasih dan merasa terhormat mendapat pujian dari Din Syamsuddin dan menilainya sebuah motivasi agar menjadi lebih baik.

"Alhamdulillah didoakan oleh Pak Din. Tapi saya belum berpikir ke arah Pilkada Jatim karena masih jauh dan sekarang fokus sebagai wakil gubernur hingga akhir masa jabatan," katanya.

Pada kesempatan tersebut, mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu juga menyampaikan bahwa Muhammadiyah merupakan ormas Islam yang berkembang dengan berbagai amal usahanya, serta memiliki potensi hebat di kadernya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016