Jember (Antara Jatim) - Badan Pusat Statistik (BPS) Jember, Jawa Timur mendorong masyarakat di wilayah setempat untuk sadar tentang data statistik, sehingga sejalan dengan program nyata yang digencarkan oleh pemerintah pusat.

"Momentum peringatan Hari Statistik Nasional tahun ini mengambil tema 'Kerja Nyata dengan Data', sehingga momen spesial yang diperingati setiap 26 September bertujuan untuk memupuk kesadaran masyarakat tentang statistik," kata Kepala BPS Jember Indriya Purwaningsih di Kantor BPS setempat, Senin.

Ia mengatakan, jika masyarakat sudah sadar statistik, maka perilaku masyarakat tidak alergi terhadap statistik, sehingga mereka dapat menjadi responden yang baik dalam kegiatan pendataan yang dilakukan BPS.

"Seperti kegiatan sensus ekonomi yang dilakukan beberapa waktu lalu tentunya dapat lebih mudah dilakukan, apabila masyarakat sudah sadar statistik," katanya.

Sejauh ini, lanjut dia, BPS Jember memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat yang membutuhkan data yang terangkum dalam Jember dalam Angka dan berbagai data statistik yang pendataannya dilakukan secara makro oleh BPS.

"Petugas BPS selalu siap memberikan data yang dibutuhkan oleh masyarakat dan mahasiswa yang melakukan penelitian, bahkan kalau data yang diminta tidak tersedia di BPS, maka petugas akan mengarahkan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan tersebut," tuturnya.

Ia menjelaskan misi BPS yakni menyediakan data statistik berkualitas melalui kegiatan statistik yang terintegrasi dan berstandar nasional maupun internasional, memperkuat sistem statistik nasional yang berkesinambungan melalui pembinaan dan koordinasi bidang statistik, serta membangun insan statistik yang profesional, berintegritas, dan amanah untuk kemajuan perstatistikan.

"BPS memiliki visi pelopor data statistik terpercaya untuk semua, sehingga BPS Jember ingin meningkatkan pelayanan dan memperbaiki kinerja dalam menyajikan data di momentum Hari Statistik Nasional ini," ujarnya.

Data BPS Jember mencatat Kabupaten Jember memiliki sebanyak 283.078 usaha di luar sektor pertanian berdasarkan hasil sensus ekonomi yang dilakukan petugas selama 1-31 Mei 2016.

"Kami berharap hasil sensus ekonomi tersebut dapat digunakan semaksimal mungkin oleh Pemerintah Kabupaten Jember dalam membuat sejumlah kebijakan di sektor ekonomi," katanya menambahkan.

Dalam rangkaian Hari Statistik Nasional, BPS Jember juga menggelar berbagai lomba yang diikuti pegawai BPS dan sejumlah jurnalis di wilayah setempat.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016