Jember (Antara Jatim) - Dua orang jamaah haji asal Kabupaten Jember, Jawa Timur masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi karena menderita sakit dan satu di antaranya dikabarkan meninggal dunia.

"Kami mendapat informasi dua jamaah haji di kelompok terbang (kloter) 15 dan 17 tidak bisa pulang bersamaan dengan rombongan kloternya  karena menderita sakit dan harus dirawat di RS Arab Saudi," kata Kasi Haji dan Umroh Kementerian Agama Jember Misbakhul Munir di Jember, Sabtu.

Sesuai dengan jadwal, kloter 15 sebanyak 437 jamaah haji Jember tiba di Bandara Juanda Surabaya pada 24 September 2016 pukul pukul 02.20 WIB dan kloter 16,17 dan 18 dijadwalkan tiba di Bandara Juanda pada Minggu (25/9), sedangkan kloter 19 tiba di Bandara Juanda pada Senin (26/9) pukul 03.10 WIB.

"Kedua jamaah haji yang sakit tersebut tidak bisa pulang ke Jember bersamaan dengan rombongan kloter 15 dan 17 karena menjalani rawat inap di RS King Faisal Mekkah dan RS Arab Saudi An-Nur Mekkah," katanya.

Sementara pembimbing haji dari KBIH Assuniyah Kencong Abdul Ghonim Jauhari mengatakan ada dua jamaah haji kloter 15 yang tidak bisa kembali ke Indonesia karena menderita sakit yakni Joko dan Kasbullah.

"Kami mendengar kabar Pak Kasbullah yang berasal dari KBIH Assyuniah Kencong meninggal dunia di rumah sakit Arab Saudi, sedangkan Pak Joko yang berasal dari KBIH Bismika masih dalam keadaan koma di rumah sakit. Kami berharap semoga beliau diberikan kesembuhan dan bisa kembali ke Jember," tuturnya.

Kementerian Agama Kabupaten Jember menyiapkan sebanyak 16 titik kedatangan jamaah haji yang tersebar di beberapa lokasi di antaranya sejumlah pondok pesantren, masjid, dan kantor kecamatan.

Titik penjemputan kloter 15 tersebar di Pondok Pesantren Assuniyah Kencong, Kantor Kecamatan Tanggul, Pondok Pesantren Riyaddus Sholihin, Pabrik Gula Semboro, dan Pondok Pesantren Al Qodiri,

Kemudian kloter 16 dan 17 juga disiapkan sebanyak lima titik penjemputan di masing-masing kloter yang tersebar di antaranya Pondok Pesantren Darul Hikmah, Kantor Kecamatan Balung, Gedung Soetardjo Universitas Jember, dan Masjid Jamik Bangsalsari.

Selanjutnya kedatangan jamaah haji kloter 18 yang dijadwalkan tiba pada 25 September 2016 tersebar di tiga lokasi yakni Pondok Pesantren Al Haromain Sukowono, Masjid Jamik Al Barokah Kalisat, dan Pondok Pesantren Bustanul Ulum Puger, sedangkan titik kedatangan kloter 19 di Pondok Pesantren Madinatul Ulum Jenggawah.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016