Surabaya, (Antara Jatim) - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dalam program tanggung jawab sosialnya memberikan bantuan beasiswa kepada 169 pelajar di wilayah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, sebagai bagian untuk mendukung penuntasan pendidikan di kawasan pabrik.

Direktur Enjiniring dan Proyek Semen Indonesia, Gatot Kustyadji, dalam keterangan persnya di Surabaya, Kamis menyebutkan secara rinci penerima beasiswa terdiri 92 pelajar tingkat SD/MI, 38 pelajar SMP/MTs serta 39 pelajar SMA/MA dengan total anggarkan Rp180 juta.

Selain beasiswa, kata Gatot, perseroan juga memberikan santunan kepada ratusan anak yatim yang berada di kawasan pabrik, dengan total anggaran Rp20 juta.

"Kegiatan ini secara rutin kami gelar dan tahun ini merupakan tahun ketiga, tujuannya kami ingin selalu terlibat memajukan sektor pendidikan untuk pembangunan kualitas generasi muda," katanya.

Ia mengatakan program pemberian beasiswa juga digunakan sebagai tempat penyaluran dana tanggungjawab sosial perusahaan melalui beberapa program, di antaranya program Si Cerdas, Si Prima, Si Lestari dan Si Peduli.

"Semua program tersebut, kami lakukan dengan prioritas di kota kawasan berdirinya pabrik. Dan kalau pabrik sudah dimulai tentu keterlibatan masyarakat juga akan semakin banyak dan pondasi sosial juga akan semakin luas. Kami juga akan melakukan penyaluran lebih luas lagi," tuturnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bagya Mulyanto, dalam kesempatan yang sama mengatakan semua perusahaan negara diharapkan selalu mendekatkan diri dengan lingkungan di sekitar pabrik.

"Kemitraan dan bina lingkungan merupakan program yang dijalankan dalam pengembangan perusahaan milik negara alias BUMN. Karena ini program Semen Indonesia, maka pelaksanaannya juga dilakukan di kawasan pabrik semen," imbuhnya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016