Sidoarjo (Antara Jatim) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0816 Sidoarjo, Jawa Timur meluncurkan Program "Sidoarjo Siap 24 Jam" dalam rangka mendukung keamanan yang ada di wilayah kabupaten setempat.

Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Letkol (Inf) Andre Julian mengatakan dengan adanya program "Sidoarjo Siap 24 Jam" ini diharapkan mampu meningkatkan kondisi keamanan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

"Program ini merupakan kegiatan dua tahunan atas alokasi dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Nantinya melalui program ini akan semakin banyak kegiatan untuk menunjang keamanan yang ada di Kabupaten Sidoarjo," katanya usai peluncuran program "Sidoarjo Siap 24 Jam" di Lapangan Makodim 0816 Sidoarjo, Sabtu.

Ia mengemukakan, salah satu bentuk kegiatan yang bisa dilakukan bersama dengan masyarakat adalah karya bhakti atau juga kegiatan olahraga bersama di masing-masing kecamatan di Sidoarjo.

"Nantinya di masing-masing komando rayon militer (koramil) akan melaksanakan program ini bersama-sama dengan forum pimpinan kecamatan yang ada," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut juga bisa dilakukan dalam bentuk "cangkruan" guna menyerap aspirasi dan juga uneg-uneg yang ada di masyarakat untuk ditindaklanjuti.

"Yang hadir dalam kegitan tersebut tidak hanya dari kalangan TNI saja, melainkan dari berbagai unsur yang ada di masyarakat termasuk juga dari kepolisian dan juga dari pemerintah daerah," katanya.

Ia mengatakan, program ini rencananya akan berlangsung sampai dengan akhir tahun 2016 dengan beberapa target capaian yang harus dilaksanakan di masyarakat.

"Salah satu dari target tersebut adalah meminimalisir adanya peningkatan pemahaman masyarakat untuk tidak melakukan tindakan anarkis atau berbuat jahat," katanya.

Ia mengatakan, untuk mewujudkan itu semua diperlukan kerja sama dengan semua pihak termasuk masyarakat luas supaya tidak terjadi konflik yang ada di masyarakat.

"Diperlukan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk dengan masyarakat itu sendiri supaya program ini bisa berjalan dengan lancar dan juga menjadikan kabupaten Sidoarjo guyup dan rukun," katanya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah sangat mendukung adanya program ini karena bisa menjaga keamanan di Kabupaten Sidoarjo tetap kondusif. Selain itu, juga dibutuhkan langkah kongkrit dari masyarakat untuk menjaga lingkungan masing-masing.

"Kegiatan ini salah satunya untuk mengantisipasi kerawanan di masyarakat. Selain itu, kami juga mendorong kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan masing-masing supaya tetap aman dan tenteram," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016