Sidoarjo (Antara Jatim) - Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Muslim mengakampanyekan peringatan hari ozon internasional dengan cara mematikan pendingin udara selama dua jam sebagai bentuk penyelamatan ozon.

Humas Sekolah Al-Muslim Sidoarjo Siti Aminah mengatakan, sebagai sekolah Adiwiyata, SMP Al-Muslim Sidoarjo terpanggil untuk selalu peduli pada upaya pelestarian lingkungan.

"Antara lain peringatan hari-hari terkait dengan lingkungan hidup termasuk pada kegiatan tahunan peringatan hari ozon internasional yang jatuh pada tanggal 16 September," katanya di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, kampanye hari ozon internasional ini dilakukan mengingat pentingnya menjaga lapisan ozon yang seiring waktu semakin menipis.

"Kampanye hari ozon dari kader lingkungan siswa ini dilakukan di SDN Pucang 3 Sidoarjo untuk bersama-sama mengurangi pendingin udara selama dua jam," katanya.

Ia mengatakan, pada kegiatan ini juga diikuti oleh Alexandru Serban, seorang mahasiswa asing dari Romanian American University, Rumania.

"Pada kesempatan tersebut, para kader lingkungan siswa sekolah bersama dengan Alex membagi-bagikan stiker bertuliskan 'kita peduli ozon' dan juga menyuarakan ajakan kepada masyarakat untuk turut menjaga kelestarian lapisan ozon," katanya.

Ia mengatakan, ozon merupakan pelindung bumi dari radiasi matahari yang selanjutnya dapat menyebabkan pemanasan global dan radiasi dari sinar ultraviolet.

"Di akhir kegiatan diwarnai dengan pembubuhan tanda tangan pada kain sepanjang empat meter sebagai simbol komitmen menjaga kelestarian lapisan ozon dengan aksi mematikan pendingin ruangan kelas SDN Pucang 3 Sidoarjo selama dua jam mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016