Surabaya, (Antara Jatim) - Perseroan Terbatas Semen Indonesia (Tbk) menyerahkan hewan kurban dalam menyambut Idul Adha 1437 H senilai Rp4,5 miliar atau sebanyak 191 sapi ke berbagai wilayah kerja perusahaan tersebut seperti di Padang, Gresik dan Aceh.

Direktur Utama Semen Gresik Sunardi Prionomurti dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya, Sabtu mengatakan 191 sapi itu secara rinci diberikan ke Semen Padang sebanyak 53 ekor, Semen Gresik 102 ekor, Semen Tonasa 16 ekor dan Semen Indonesia di wilayah Aceh sebanyak 20 ekor.

"Secara simbolis penyerahan hewan kurban sudah dilakukan dan diterima oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz, untuk diteruskan ke desa sekitar perusahaan dan Pondok Pesantren," ujarnya.

Sunardi mengatakan dalam menjalankan bisnis usahanya PT Semen Indonesia  berpijak pada tiga pilar, yaitu peningkatan kinerja keuangan, pemberdayaan masyarakat, dan pelestarian lingkungan. 

"Sebagai perusahan yang lahir, tumbuh dan berkembang bersama masyarakat tentu perusahaan berkesadaran memberi kontribusi optimal untuk masyarakat. Maka dalam merayakan hari raya Idul Adha perusahaan rutin memberikan bantuan dan melakukan pemotongan hewan kurban," tuturnya.

Sementara untuk Semen Gresik, Sunardi mengatakan menyalurkan hewan kurban sebanyak 102 ekor, dengan rincian 25 ekor sapi di Rembang, 45 ekor di Gresik dan 32 ekor di Tuban. 

"Bantuan ini merupakan salah satu kepedulian perusahaan terhadap lingkungan untuk meningkatkan ikatan sosial kepada masyarakat sekitar perusahaan melalui program tanggungjawab sosial," katanya.

Sunardi mengatakan, selain diimplementasikan melalui pemberian bantuan hewan kurban, program tanggungjawab sosial perusahaan juga dilakukan dengan berbagai kegiatan, seperti di Rembang dengan memberikan bantuan bencana alam, bantuan pendidikan dan pelatihan.

Selain itu, bantuan peningkatan kesehatan, bantuan sarana ibadah, bantuan pelestarian alam, bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan, bantuan sosial, politik, dan budaya dengan total alokasi mencapai Rp35 miliar pada tahun 2016.

"Kami selalu berusaha memberi manfaat bagi masyarakat lokal, dan ke depan kami akan terus meningkatkan besaran dana dan cakupan program tanggungjawab perusahaan," tambahnya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016