Surabaya (Antara Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo secara resmi melepas kontingen atlet yang akan bertanding pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat, 17-29 September 2016.

"Kalian adalah petarung-petarung yang membawa nama Jatim di kancah olahraga nasional. Buktikan dengan perjuangan dan prestasi membanggakan," ujarnya di sela pelepasan kontingen di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Kamis.

Pemusatan latihan atlet-atlet Jatim selama lebih dari tiga tahun membuatnya optimistis mampu berbuat yang terbaik sekaligus meraih juara umum pada ajang olahraga terbesar se-Tanah Air tersebut.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut berpesan agar tak melupakan kedisiplinan saat bertanding sehingga berdampak buruk, bahkan kehilangan kesempatan menang.

"Tingkatkan disiplin, dan jangan sampai kemenangan yang sudah di depan mata gugur akibat ketidakdisiplinan," kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Gubernur yang bertindak selaku komandan kontingen Jatim itu berjanji akan menyempatkan hadir mendampingi langsung perjuangan atlet-atlet agar meraih hasil maksimal dan membawa pulang medali.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf mengaku yakin peluang Jatim menjadi juara umum sangat besar karena dikenal sebagai gudang atlet.

"Kita harus optimistis dan berusaha untuk menjadi yang terbaik sekaligus sebagai pemenang. Jika sebelumnya urutan tiga, kali ini harus juara umum atau paling jelek 'runner up'. Semoga tercapai dan selamat berjuang," kata Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Turut hadir pada pelepasan kontingen PON Jatim adalah Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana, Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji, dan pejabat Forpimda lainnya.

Selain itu, motivator nasional Andre Wongso juga ikut menyampaikan pesan-pesannya untuk memotivasi atlet dan pelatih Jatim agar berbuat yang terbaik serta meraih hasil maksimal di PON kali ini.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim Erlangga Satriagung menjelaskan pada pelaksanaan PON XIX, kontingen Jatim berkekuatan 1.095 orang, yang terdiri dari 737 atlet dan sisanya pelatih serta ofisial. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016