Pamekasan (Antara Jatim) - Kodim 0826 Pamekasan, Jawa Timur memperkuat wawasan kebangsaan di kalangan pelajar di wilayah itu melalui pendekatan seni budaya.

"Upaya memperkuat wawasan kebangsaan di kalangan pelajar melalui seni budaya ini merupakan salah satu pendekatan yang kami lakukan, selain pembinaan langsung berupa penyampaian materi ke sekolah-sekolah yang ada di Pamekasan ini," kata Pasi Intel Kodim 0826 Pamekasan Kapten Inf Darminto, Selasa.

Ia menjelaskan, pendekatan melalui seni budaya itu juga dilakukan, karena di Pamekasan secara khusus, dan Madura pada umumnya, kaya akan seni budaya tradisional dan hingga saat ini masih terjaga.

Oleh karenanya, sambung Darminto, Kodim Pamekasan memandang perlu menjadikan seni budaya sebagai media untuk mensosialisasikan wawasan kebangsaan kepada kalangan generasi muda bangsa di Pamekasan itu.

Bahkan, pada HUT Ke-71 TNI kali ini, Kodim 0826 Pamekasan menggelar kegiatan lomba seni budaya tradisional tingkat pelajar se-Pamekasan. 

Selain lomba seni budaya tradisional, seperti tarian tradisional Madura, jenis lomba lainnya yang juga digelar Kodim 0826 Pamekasan ialah lomba cipta lagu perjuangan, paduan suara dan lomba tarian tradisional yang diikuti siswa tingkat SMA/sederajat se-Kabupaten Pamekasan.

Menurut Darminto, dalam lomba yang digelar selama tiga hari itu di aula Makodim Pamekasan itu mengusung tema "Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat dan Berkepribadian".

"Kegiatan ini juga untuk menjaring bakat di bidang seni dan melestarikan budaya tradisional di Kabupaten Pamekasan," katanya, menjelaskan.

Pemenang kegiatan ini ialah siswa SMA Negeri 1 Pamekasan untuk lomba baca puisi, lomba cipta lagu perjuangan diraih oleh siswa utusan SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 5 Pamekasan.

Untuk juara lomba paduan suara diraih oleh kelompok utusan SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 2 Pamekasan, dan lomba tari tradisional diraih oleh siswa utusan SMA Negeri 2 dan SMA 3 Pamekasan.

Menurut Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto pemenang lomba dalam kegiatan Komsos Kreatif nantinya akan mewakili Kodim 0826/Pamekasan berlaga di tingkat Korem 084/Bhaskara Jaya.

"Kami berharap para pemenang lomba ini berlatih lebih serius lagi, sehingga bisa juara di tingkat Korem 084/Bhaskara Jaya," katanya. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016