Surabaya (Antara Jatim) - PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Timur menyerahkan santunan korban kecelakaan lalu lintas di Probolinggo yang mengakibatkan tujuh orang meninggal dunia di kediaman salah seorang keluarga korban di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.

"Santunan sudah diserahkan ke ahli waris hari ini untuk tujuh orang korban kecelakaan," ujar Kepala Humas PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Timur Totok Ery Soekamto kepada wartawan di Surabaya, Senin.

Penyerahan santunan diberikan langsung oleh Kepala Cabang PT Jasa Raharja Cabang Jawa Timur Tri Yugara didampingi Bupati Jember Faida, perwakilan Polres dan pejabat Pemda setempat.

Ia merinci, terdapat empat korban yang mendapatkan santunan Rp25 juta masing-masing atas nama korban Margono (62), Murniasih (60), Busriyanto (35) dan Wibisono (70).

Sedangkan, tiga korban lainnya atas nama Desi Wulandari (37), Nafisa Sasa Nadiro (3,5) dan Lesiza Risky (1,5) mendapat Rp2 juta.

"Santunan telah diterima ahli waris, dan semoga dapat membantu keluarga korban," ucapnya.

Ia menjelaskan, sesuai Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 36 dan 37/PMK.010/2008 Tanggal 26 Februari 2008, besaran santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas darat adalah Rp25 juta untuk korban meninggal dunia.

Namun, kata dia, kepada tiga korban meninggal dunia yang menerima santunan Rp2 juta untuk biaya penguburan dikarenakan tidak memiliki ahli waris sesuai yang diamanatkan undang-undang.

Pada Undang-Undang 34 tahun 1964 Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 1965 pasal 12 ayat (1) berbunyi ahli waris berdasarkan pasal tersebut di atas terdiri dari janda atau dudanya yang sah, anak-anaknya yang sah, dan orang tua yang sah.

"Namun jika tidak ketiga ahli waris di atas diberikan santunan penguburan Rp2 juta," katanya.

Kecelakaan maut terjadi akibat tabrakan mobil Kijang LG-X Nopol P-857-VH dengan truk trailer nomor polisi L-8022-UF di Desa Malasan Kulon, Leces, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (3/9) sore.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol RP Argo Yuwono mengatakan kecelakaan berawal dari mobil Kijang yang mengangkut tujuh penumpang mengalami oleng ke kanan, lalu dari arah berlawanan ada truk trailer sehingga terjadi tabrakan fatal. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016